MEDIA PURNA POLRI,CIAMIS – Masa Pelaporan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak pribadi sudah berahir pada tanggal 31 Maret 2018. Menghadapi banyaknya para Wajib Pajak (WP) kantor pelayanan KPP Pratama Ciamis buka hingga hari sabtu malam tanggal 31 Maret 2018.

Kasie Pelayanan KPP Pratama Ciamis, Undang Soepandi menyampaikan bahwa pada tahun 2017 Ciamis merupakan pelapor SPT tertinggi di Jawa Barat. “Diharapkan untuk tahun ini dan selanjutnya akan terus ada peningkatan atas kesadaran masyarakat untuk memenuhi kewajibannya dalam membayar pajak,” Katanya.

“Sementara untuk para WP yang terlambat melaporkan SPT ini akan dikenakan denda sebesar seratus ribu rupiah untuk perorangan sedangkan denda 1 juta untuk lembaga dan badan yang tidak melapor dan atau terlambat dimana untuk lembaga ini pelaporannya dimulai dari tanggal 2 – 30 April 2018, ” Lanjutnya.

Selanjutnya Kasie Pelayanan KPP ini menjelaskan bahwa untuk Wajib Pajak (WP) diberikan kemudahan membayar pajak melalui media elektronik seperti ISPT E- Filing melalui internet.
” Di Jawa Barat baru Tasik dan Sumedang yang sudah capai target.
Sedangkan Ciamis 78,06% dari target 25210 wajib pajak untuk E-Filing.” Katanya.

“E-Filing didapat dari PNS dan karyawan swasta. Namun masih sering terjadi kendala yaitu jaringan sering error yg ahirnya kembali ke manual,” Tambahnya.
Jumlah keseluruhan Wajib Pajak (WP) untuk wilayah Ciamis mencapai 62837 WP yang wajib lapor. Terdiri dari Badan 5360 Wajib Pajak dan Pajak Pribadi terdiri atas karyawan 48707 WP serta non karyawan 8770 WP. Jumlah keseluruhan Wajib Pajak di wilayah Ciamis mencapai 57477 WP.

Selanjutnya Undang menjelaskan bagi masyarakat yang belum mengetahui untuk pelaporan SPT secara online dapat mengakses pada alamat website berikut ini dengan cara mengetik djponline.pajak.go.id.  (Ida)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini