MEDIA PURNA POLRI,KABUPATEN BANDUNG –Dalam giat sosialisasi peningkatan peran serta masyarakat dalam pengelolaan sampah Se Kecamatan Dayeuhkolot selasa 11/12/2018.
Pelaksanaan di adakan di gedung Aula Kec. Dayeukolot Kab.Bandung.

Hadir dalam Acara Camat Dayeuhkolot Drs. Yiyin Sodikin M.Si. beserta segenap Muspika Kecamatan, perwakilan dari semua Kepala Desa Se Kecamatan Dayeuhkolot, perwakilan dari Tokoh Masyarakat Se Kecamatan Dayeuhkolot, perwakilan Ibu kader PKK Desa Se Kecamatan Dayeuhkolot.

Turut hadir dari Dinas lingkungan hidup (LH) Kab Bandung. Ibu Febi Siti Zubaedah, sebagai Nara sumber.
Ketua BPD, Ketua FKKS Kecamatan,
Komunitas Pecinta Lingkungan Sehat Kec.Dayeuhkolot dan Tokoh Pemuda.

Juga turut hadir Dari penggiat
Sampah : Bpk Cecep Solehudin,

Moderator : Bpk Agus Rustandi S.Ip.

Pembukaan di lakukan oleh Asisten Pemerintahan yang di wakili Oleh Bpk Kabag Pemberdayaan, Drs Indra Respati.

Maksud dan tujuan acara tersebut untuk mensosoalisasikan pengelolaan sampah dalam rangka Penanganan, permanfaatan dan pengendalian sampah dilakukan dengan maksud untuk meningkatkan kempuan dan pemahaman yang sama tentang pengelolaan sampah di wilayah Kecamatan Dayeuhkolot.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kita memelihara lingkungan sekitar kita. Merubah prilaku Masyarakat agar menjadi peduli akan sampah agar di kelola menjadi nilai yang ekonomis dan menambah pendapataan Masyarakat.

Begitu juga dalam sambutan Bpk Camat Drs. Yiyin Sodikin M.Si
Bahwa permasalahan sampah merupakan salah satu persoalan lingkungan yang perlu di hadapi melalui berbagai cara.

Salah satu untuk mengurangi permasalahan sampah adalah dengan menggerakkan partisipasi aktif dari Masyarakat itu sendiri agar supaya sampah bisa di kelola dengan baik, dengan demikian Masyarakat akan merasakan manfaatnya terutama bagi lingkungan kita,Ujarnya.

Di sambung penuturan dari Ibu Febi dari Dinas lingkungan Hidup Kabupaten Bandung sebagai nara sumber sangat antusias memberikan binaan teknis mengenai pengelolaan sampah.

Ibu Febi menghimbau kepada seluruh audien yang hadir agar bersama-sama memelihara dan menyiapkan Tempat pembuangan Sampah ( TPS ) sementara di usahakan jangan sampai menumpuk.

Karna timbunan sampah yang terus menumpuk akan berakibat buruk bagi kesehatan lingkungan, serta menimbulkan berbagai penyakit.

Sampah rumah tangga adalah merupakan penyumbang sampah terbesar. Sementara, tempat pembuangan sampah (TPS) yang tersedia tidak lagi bisa menampung sampah yang terus menerus menekan dan mengurangi sampah yang dihasilkan.

Disamping itu, penanganan masalah sampah harus dimulai dari sumbernya. Untuk itu Kantor Kecamatan Dayeuhkolot mengadakan kegiatan sosialisasi penanganan sampah dalam rangka terwujudnya Kec. Dayeuhkolot yang bersih sehat dan bebas sampah.

Sebagaimana amanat Undang-Undang No. 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan sampah, bahwa dalam pengelolaan sampah diperlukan kepastian hukum, kejelasan tanggung jawab dan kewenangan Pemerintah, Pemerintah Daerah, peran serta masyarakat dan dunia usaha sehingga pengelolaan sampah dapat berjalan secara professional, efektif dan efesien, Ujarnya.
( ROBINSON MPP )

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini