Kepolisian Dan TNI Bekerja Sama Menertibkan Penambangan Emas Ilegal Di Bulungan

54
views

Media Purnapolri, Kaltara – Kapolres Bulungan AKBP Muhammad Fachry menegaskan pihaknya tidak tebang pilih saat melakukan penertiban dan menghentikan aktivitas penambangan emas ilegal di Desa Sekatak Buji, Kecamatan Sekatak, Bulungan (04/04/2018).

Dirinya menegaskan jika ada jajarannya yang terlibat pada aktivitas penambangan emas ilegal, akan ditindak.

“Tugas menegakkan hukum. Siapa pun yang terlibat dalam aktivitas tambang emas ilegal yang ada di Sekatak itu akan kami tindak tegas, termasuk aparat yang mem-backing-nya. Jadi, tidak benar jika polisi tebang pilih saat melakukan penertiban di sana,” ujarnya, Selasa (03/04/2018).

Warga Sekatak mengeluhkan terkait tidak semua pengolah emas ilegal ditindak, maka dari itu Kapolres meminta kepada masyarakat untuk turut membantu menunjukkan lokasinya. Dirinya mengaku bahwa belum memiliki lokasi akurat pengolahan tambang emas ilegal yang menggunakan alat modern.

“Monitoring dan penyisiran tetap dilakukan, dan kami juga meminta partisipasi warga kalau ada penambangan dan pengolahan hasil tambang yang ilegal di sekitar wilayahnya, laporkan kepada kami,” pungkasnya.

Agar aktivitas penambangan emas ilegal tidak kembali marak, Polisi bersama TNI akan menyusun sistem pengamanan sinergi sehingga tidak ada lagi penambang emas ilegal.
Kapolres menambahkan, pemerintah daerah diharapkan bisa membantu status pertambangan emas yang ada di Sekatak menjadi legal dengan memperoleh izin pertambangan. Karena kegiatan penambangan yang dilakukan masyarakat setempat tersebut, sudah cukup lama.

“Sebenarnya, solusi yang tepat adalah pemerintah daerah bisa mencarikan cara agar tambang itu dapat dilegalkan. Selagi kegiatan itu ilegal, kami akan terus melakukan penertiban atau mengamankan wilayah itu sebelum mereka memilik izin resmi,” jelasnya. (Muh.Nafsir)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini