Palangka Raya_Dalam menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang tinggal beberapa minggu lagi,Polda Kalimantan Tengah (Kalteng) menegaskan komitmennya untuk menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Masyarakat Kalimantan Tengah,seperti seluruh Indonesia,tengah mempersiapkan diri untuk menentukan pemimpin di tingkat kabupaten/kota, provinsi,pusat,serta memilih senator,Wakil Presiden,dan Presiden.

Kapolda Kalteng,Irjen Pol Djoko Poerwanto, melalui Kabid Humas,menekankan kesiapannya dalam menjalankan proses pengamanan dari tahapan pemilu hingga selesainya proses pencoblosan pada 14 Februari 2024 mendatang.

“Kami telah siap dalam melakukan pengamanan dan akan menindak tegas oknum-oknum yang berupaya mengganggu jalannya pemilu serentak di Kalimantan Tengah,”tegasnya pada Sabtu, (27/01/2024).

Pihak kepolisian tidak akan memberikan toleransi terhadap aksi yang bertujuan mengacaukan pesta demokrasi di Kalteng.Kabid Humas menegaskan,”Kami akan mengambil langkah hukum yang tegas kepada siapapun jika terbukti melakukan aktivitas yang melanggar hukum.”

Dalam upaya menciptakan koordinasi yang solid, Polda Kalteng terus berkomunikasi dengan berbagai instansi terkait,seperti Komisi Pemilihan Umum (KPU),Bawaslu,Pemerintah Daerah,TNI, tokoh adat,dan tokoh masyarakat.

Kombes Pol Erlan menekankan pentingnya masyarakat tidak mudah terprovokasi oleh isu yang tidak jelas sumbernya. “Mari gunakan hak pilih dengan bijak dan damai,serta mengedepankan prinsip pemilu,yakni langsung, umum,bebas,rahasia,jujur,dan adil,”ujar Kombes Pol Erlan Munaji,mengajak seluruh masyarakat bersama-sama menjaga situasi Kamtibmas di Kalimantan Tengah tetap kondusif.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini