Kebumen, MPP – Hujan deras beberapa hari terakhir nyaris membuat rumah Nuni (53) tahun warga Desa Kambangsari, Kecamatan Alian, Kebumen nyaris longsor, Selasa 23 Januari 2024.

Rumah Nuni berada di atas dekat tanggul sungai, dan tanah di belakang rumahnya retak selebar kurang lebih 30 Cm. Kondisi ini berpotensi mengakibatkan tanah longsor karena jaraknya hanya 0,5 meter dari retakan tanah.

Walhasil, penghuni rumah harus diungsikan ke rumah saudara yang lebih aman karena kondisi cukup berbahaya.

Dijelaskan Kapolres Kebumen AKBP Recky melalui Kasihumas Polres AKP Heru Sanyoto mengungkapkan, peristiwa terjadi sekitar pukul 07.00 WIB.

“Kejadian bermula dari hujan dengan intensitas tinggi. Sehingga mengakibatkan tanah di belakang rumah korban mengalami pergerakan dan retak, lalu berpotensi mengakibatkan tanah longsor,” jelas AKP Heru.

Kapolsek Alian Iptu Awaludin saat dikonfirmasi, kini kondisi rumah korban telah dikosongkan sementara karena alasan keselamatan.

Saat Polsek Alian bersama Koramil Alian serta Kecamatan tiba di rumah korban untuk mengecek kondisi retakan, mendapati Nuni terbaring di rumahnya dalam keadaan sakit.

Selain mengevakuasi penghuni rumah ke tempat yang aman, Nuni dilarikan ke Puskesmas Alian untuk mendapatkan pengobatan.

Menurut Kapolsek Alian Iptu Awaludin, ada beberapa titik rawan longsor di Kecamatan Alian. Hal ini mengingat daerah Alian banyak dikelilingi bukit, sehingga masyarakat diimbau untuk waspada.

(Humas Polres Kebumen) AD1

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini