Jakarta,MPP – Bareskrim Polri menunjukkan kinerja luar biasa dalam mengungkap kasus illegal logging yang meresahkan di Kalimantan Tengah (Kalteng). Langkah ini mendapat penghargaan tinggi dari Lembaga Kajian dan Advokasi untuk Pembaruan Indonesia (Lemkapi).

Semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ilegal tersebut kini tengah menghadapi proses hukum dengan ancaman hukuman yang serius. Direktur Eksekutif Lemkapi, Dr. Edi Hasibuan, menjelaskan bahwa pengungkapan kasus ini melibatkan sejumlah ahli di bidangnya.

“Pemeriksaan terhadap 13 orang saksi, termasuk ahli dari Balai Pengelolaan Hutan Lestari (BPHL) Palangkaraya, dilakukan untuk memastikan apakah penebangan hutan besar-besaran ini dilakukan di luar konsesi hutan lindung,” ujar Edi dalam keterangan tertulis, Selasa (23/1/2024).

Tim penyidik dari Direktorat Tindak Pidana Tertentu (Tipiter) Bareskrim Polri melakukan penyelidikan yang menyeluruh, menelusuri jejak dari Lamongan, Jawa Timur, hingga ke pedalaman Kalimantan Tengah. Upaya ini menjadi bukti nyata komitmen dalam memberantas kegiatan ilegal yang merugikan lingkungan dan keberlanjutan hutan di wilayah tersebut.(team)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini