Jawa Barat (MPP) – Penggerak Budaya Nusantara bersama Direktorat Jendral Informasi dan Komunikasi Publik Kominfo RI menyelenggarakan acara yang bertajuk Harmoni Indonesia dengan tema Bersama Dalam Harmoni Untuk Indonesia Sejahtera di Balai Sartika Bandung, Jawa Barat, 1 April 2018. Acara tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mencegah dan memerangi penyebaran berita hoaks yang turut berkembang pesat seiring perkembangan teknologi. Hal ini dikhawatirkan menggangu perdamaian dan kesejahteraan masyarakat Indonesia yang notabene terdiri dari berbagai macam keragaman budaya, agama, bahasa, suku dan ras.

Acara tersebut dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat maupun pemerintah seperti Staf Ahli IKP Kominfo RI, Ditjen IKP Kominfo RI, Pejabat Pemerintah Daerah Jawa Barat, Dir Intel Polda Jabar, Dirkrimum Polda Jabar, Kabid Humas Polda Jabar, Ass Intel Kodam III/Siliwangi, tokoh agama/ulama Jawa Barat, seniman atau budayawan, organisasi masyarakat, organisasi pemuda, mahasiswa/pelajar, santri dan masyarakat sekitar, dengan jumlah peserta mencapai 1000 orang. Diharapkan dengan dihadirnya berbagai macam elemen tersebut menjadikan efektif guna memberantas penyebaran berita hoaks di masyarakat.

Acara dimulai dengan penampilan kesenian budaya lokal (kesenian sunda) dan dilanjutkan dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Setelah itu sambutan dan sarasehan kebangsaan yang mengangkat tema besar Indonesia Sejahtera Tanpa Hoax dengan narasumber dari Pejabat Pemerintah Daerah Jawa Barat, POLDA JABAR, serta Pangdam III/Siliwangi, dan Tokoh Masyarakat/Agama.

Acara dilanjutkan dengan deklarasi Masyarakat Anti Hoaks, Ujaran Kebencian dan Fitnah bersama tamu undangan sebagai bentuk sikap tegas memerangi berita hoaks. Menuju penghujung acara, acara ditutup dengan sholawat harmoni dan doa untuk negeri mengharapkan Indonesia senantiasa diberikan perdamaian ditengah keragaman budaya, agama, ras, suku dan bahasa. (hafidz)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini