Media Purna Polri,Taliabu- Tim Pemenang Pasangan Calon Gubernur (Cagub) dan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Maluku Utara KH.Abdul Gani Kasuba dan M.Al Yasin Ali (AGK-YA) diduga melakukan Praktik Politik uang pada saat Kampanye AGK di Desa Kawalo, Kecamatan Taliabu Barat, Kabupaten Pulau Taliabu (Pultab), Minggu (18/03/2018). Praktik politik uang dilakukan oleh ketua DPC Partai Gerinda Kabupaten Pulau Taliabu Muhaymin Syarif melalui saweran ronggeng gala pada saat penjemputan AGK, Itu merupakan tradisi Masyarakat Taliabu dan Masyarakat Kabupaten Kepulauan Sula, (Kepsul).

Hal ini dibenarkan oleh Juru Bicara AGK-YA, Dino Umahuk saat ditemui wartawan Media Purna Polri di Posko pemenang sekaligus kediaman pribadi Muhaymin Syarif di Dusun Fangahu, Desa Bobong, Kecamatan Taliabu Barat, Senin (19/03/2018) pagi tadi. Kata Dia saweran ronggeng gala tersebut sudah menjadi tradisi Masyarakat Pultab dan Kepsul pada saat penjemputan tamu atau pejabat. Namun saweran yang dilakukan Muhaymin Syraif itu masih dalam lingkaran ronggeng,Kata Dino.
“Saweran ke Ibu-ibu yang melakukan rongeng itu sudah menjadi tradisi Masyarakat Pultab dan Kepsul, Dan sudah dilakukan sejak dahulu. Saya juga sudah melihat video itu,Ternyata saweran tidak keluar dari lingkaran ronggeng jadi itu belum jadi sautu pelanggaran,” Ujar Dino.

Pernyataan Dino Umahuk dibantah oleh ketua Devisi Pengawasan Panwas Pultab Aksa Puko. Menurut Aksa, Muhaymin telah melakukan suatu pelanggaan pemilu karena saweran dironggeng gala pada saat penjemputan AGK di Desa Kawalo itu, Merupakan penjemputan Cagub dalam rangka kampanye dan Saweran dalam momen Pilkada. Tanpa pikir panjang, Pagi tadi Tim Gabungan Hukum Terpadu (Gakumbu) langsung melakukan pertemuan membhas permasalahan tersebut untuk ditindak lanjuti dalam waktu dekat, Kata Akso.

“Hasil pertemuan Gakumdu, Semua sepakat tetap tindak lanjuti masalah saweran itu. Dan besok kita panggil Panwas Kecamatan Tobona Mubin Husaleka datangkan saksi-saksi untuk diperiksa sekaligus kami hadirkan juga ketua Panwacam Taliabu Barat Harjo Jano untuk dimintai keterangan. Jika ketua DPC Gerinda Pultab Muhaymin Syarif melakukan Praktik Politik uang, Maka sengsinya Cagub tersebut bakal di diskualifikasi, Tegas Aksa,(Isto uter).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini