Kebumen, MPP – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mulai menggelar Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) polio putaran kedua yang berlangsung pada 19 sampai 25 Februari 2024.

SUB PIN putaran dua ini merupakan kelanjutan dari Sub PIN putaran pertama yang telah dilaksanakan pada 15-21 Januari 2024.

Begitu juga di Kabupaten Kebumen, PIN digelar secara menyeluruh, bahkan Bhabinkamtibmas dan Babinsa terlihat melakukan pendampingan saat pelaksanaan.

Seperti di Desa Sidoluhur Kecamatan Ambal Kabupaten Kebumen, Bhabinkamtibmas Polsek Ambal Bripka Sartono Adi dan Babinsa Koramil Ambal Serka Mulyanto terlihat mendampingi petugas Puskesmas II saat pemberian imunisasi, Kamis 22 Februari 2024.

Kapolres Kebumen AKBP Recky melalui Kasihumas Polres AKP Heru Sanyoto mengungkapkan, kehadiran TNI Polri dalam kegiatan Sub PIN agar adik-adik semakin semangat saat diberikan vaksin polio dari Pemerintah.

“Hadirnya Bhabinkamtibmas dan Babinsa pada Sub Pekan Imunisasi Nasional Polio merupakan kegiatan sinergitas. Juga sekaligus memberikan semangat kepada adik-adik kita yang sedang diberikan vaksin polio,” jelas AKP Heru.

Di Desa Sidoluhur, Kecamatan Ambal, siang ini 388 anak telah diimunisasi polio pada program Sub PIN putaran kedua.

Penyakit Polio merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus polio. Untuk mengatasi penyebaran virus polio ini, pemerintah biasanya akan melakukan Sub PIN Polio.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menyatakan status Polio sebagai masalah kesehatan masyarakat yang bersifat internasional (Public Health of International Concern/PHEIC) yang mana hal tersebut menunjukkan tingkat urgensi dalam menangani penyebaran penyakit ini.

Karena itu, upaya untuk meningkatkan cakupan vaksinasi Polio menjadi sangat penting untuk melindungi masyarakat dari ancaman Polio dan mencegah penyebarannya.

“Mengingat pentingnya program tersebut, kami (TNI Polri) mendampingi. Sesuai harapan kita bersama, agar kegiatan Sub PIN ini bisa berjalan lancar serta para generasi penerus menjadi generasi yang sehat,” pungkasnya.

(Humas Polres Kebumen) AD1

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini