Murung Raya,MPP – Pj Sekretsris Daerah kabupaten Murung Raya ( Mura), hadiri Pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan Murung untuk Tahun Anggaran 2025 menjadi momentum penting bagi Kecamatan Murung, pada Senin (29/01/2024).

Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Mura, Rudie Roy, turut menghadiri acara tersebut yang berlangsung di Aula GOR Desa Batu Putih. Tema Musrenbang kali ini memfokuskan pada “Perluasan Akses Layanan Dasar Masyarakat untuk Peningkatan Kualitas Sumber Daya Masyarakat dan Peningkatan Manajemen Pemerintah.” Dalam rangkaian acara, hadir pula Staf Ahli Bupati, Rahmat K.Tambunan, Unsur Tripika Kecamatan Murung, Wakil Ketua III DPRD Mura Likon, serta berbagai pihak terkait dan undangan.

Camat Murung, Ivan Sugita, menekankan pentingnya Musrenbang ini dalam pembangunan dan kemajuan Kabupaten Murung Raya, terutama di tingkat Desa dan Kelurahan. Dalam laporannya, ia menyampaikan dampak banjir baru-baru ini di Kabupaten Murung Raya dan menyatakan harapannya bahwa Musrenbang dapat menjadi solusi untuk mengatasi kesulitan yang diakibatkan oleh bencana tersebut.

Dalam sambutan Pj Bupati Mura yang diwakili oleh Pj Sekda Kabupaten Mura, Rudie Roy, beberapa poin prioritas dalam pembangunan Daerah Tahun 2025 diungkapkan. Prioritas tersebut melibatkan perluasan pembangunan infrastruktur pendidikan dan kesehatan, pemerataan kualitas tenaga pendidikan dan kesehatan, pengembangan sistem perizinan dan penanaman modal.

“Pentingnya penguatan reformasi birokrasi dengan tata kelola berbasis kinerja dan IT, integrasi arah pembangunan pusat dan pemerintah daerah, serta penguatan ekosistem pelaku usaha lokal dan jaring pengaman sosial,” ujar Rudie Roy.

Sesi pembacaan usulan mengungkapkan prioritas dari 13 Desa dan 2 Kelurahan. Usulan tersebut mencakup berbagai bidang, seperti bantuan fasilitas air bersih, pembangunan kantor desa, penambahan peserta bantuan beasiswa perguruan tinggi, perbaikan jalan, pembangunan jembatan, hingga rehab rumah dinas kesehatan.

Dengan demikian, Musrenbang di Desa Batu Putih Kecamatan Murung tidak hanya menjadi forum diskusi perencanaan pembangunan, tetapi juga refleksi nyata kebutuhan masyarakat yang harus diakomodasi dalam rencana strategis Kabupaten Murung Raya tahun 2025.(Hms/Ilmi).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini