Media Purna Polri, Sulawesi Tengah – Minggu malam (02/2/2020) sekira pukul 22.30 sd 02.00 Senin dini hari (3/2/2020).

Menjadi waktu tragis bagi 400 KK yang mendiami kawasan perkampungan di Kilometer 2 Kelurahan Sidoarjo Kabupaten Tolitoli Provinsi Sulawesi Tengah.

Betapa tidak, malam itu si jago merah mengamuk dahsyat diareal perkampungan yang masuk dikawasan pelabuhan Tolitoli itu.
Wartawan MPP yang melakukan investigasi langsung ke TKP, mendapatkan keterangan dari Iskandar–warga setempat–bahwa Sekitar jam 22.30 wita pada saat rumahnya pertama kali terbakar yang bersangkutan tidak berada di rumah, pada saat itu dia berada di rumah Hamsah yang juga warta setempat sedang bacude cengkeh. Informasi terkait rumahnya yabg terbakar disampaikan oleh anaknya karmila.

Sementara itu, Kasubag Humas Polres Tolitoli AKP Moh.Rizal H.Bandi menerangkan, berdasarkan keterangan saksi–Karmila– sekitar jam 22.30 Wita pada saat kejadian dia berada di rumahnya bersama dengan Ibunya Nurdia, Neneknya Bulan, Ponakannya Anugrah.

“Pada saat itu mereka berempat sedang tidur di depan televisi (ruang keluarga-red) dia bangun saat merasakan hawa Panas Api, langsung bangun dan membuka Gorden kamar dan melihat Api sudah membesar,” jelas AKP Rizal.

Bermula dari kebakaran salah satu rumah itu, kata Rizal Bandi, akhirnya merembet ke rumah-rumah lain dikawasan itu.

Hanya hitungan 3-4 jam, si jago merah melalap habis bangunan rumah dikawasan padat penduduk itu.

“Korban kebakaran sebanyak 400 KK dan 385 rumah yang kebanyakan terbuat dari kayu, hangus terbakar dan rata dengan tanah serta satu warga tewas,” ujarnya.

Saat peristiwa terjadi, pihak kepolisian sudah melakukan koordinasi dengan Damkar, BPBD, PDAM, KODIM 1305, TNI AL dan DAMKAR Bandara Sultan Bantilan untuk membantu melakukan pemadaman,” tegasnya, seraya mengatakan upaya pemadaman sudah maksimal dilakukan, namun karena pemukiman tsb umumnya bangunan rumah kayu dan semi permanen dan akses jalan perkampungan yang memang sempit.

Sampai saat ini, selain langkah penyelamatan terhadap korban musibah kebakaran, pihak kepolisian masih terus melakukan langkah penyelidikan terhadap peristiwa tsb.

(Humas Polres Tolitoli/irfan/Umar)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini