MEDIA PURNA POLRI,KOTABARU- Wabah virus yang dikenal dengan virus corona atau 2019-nCoV,
ini merupakan 1 famili dengan Virus Mers dan Sars yang dulu pernah mewabah, dan akhir-akhir ini berkembang hot issue yang menjadi perhatian dunia.

Gejala terinfeksi virus ini yakni demam, batuk, dan sesak napas. Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), penularannya dapat melalui saluran pernafasan, kontak dekat personal, dan menyentuh benda yang permukaannya terdapat virus, ujar Arvian Mendrofa.

Mendengar hal itu, Lanal Kotabaru mengambil sikap, Pagi ini Balai Pengobatan (BP) Lanal Kotabaru mensosialisasikan wabah Virus Corona yang disampaikan oleh Pjs. Kepala BP Lettu Laut (K) Drg. Arvian N. Mendrofa, di aula Mako Lanal Kotabaru, Senin (27/1).

Selain itu sebagai langkah awal Lanal Kotabaru dapat melakukan pembagian masker kepada masyarakat wilayah Kotabaru dan bersama-sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Kotabaru dalam hal ini Dinas Kesehatan Kabupaten Kotabaru untuk melaksanakan pengecekan terhadap personel dan kapal-kapal asing yang berada di wilayah Kabupaten Kotabaru guna deteksi dini virus 2019-nCoV di wilayah Kotabaru.

“Hingga saat ini, belum ada pengobatan atau vaksin yang direkomendasikan untuk mengatasi virus corona. Orang yang terinfeksi 2019-nCoV akan diisolasi atau dikarantina serta harus menerima perawatan intensif untuk membantu meringankan gejala virus corona.

Cara terbaik untuk mencegah penularan adalah dengan Pola Hidup Bersih Sehat (PHBS).

Ada beberapa tindakan pencegahan yang bisa dilakukan setiap hari untuk menghindari penyakit akibat virus corona seperti mencuci tangan dengan sabun dan air, penggunaan Handsanitizer, menggunakan masker, hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut dengan tangan yang belum dicuci, hindari kontak dekat dengan orang yang sakit. Menutup mulut dan hidung saat batuk atau bersin, serta mensterilkan dan mendesinfektan benda dan permukaan yang sering disentuh,Pungkasnya.

Sosialisasi yang diikuti seluruh keluarga besar Lanal Kotabaru, Komandan Lanal Kotabaru Letkol Laut (P) Guruh Dwi Yudhanto S, S.T., dalam sambutannya mengajak kepada pada prajurit dan keluarga untuk menjaga kesehatan perhatikan gejala wabah virus yang menjadi perhatian dunia saat ini, bila terjadi indikasi atau gejala yang terjadi segeralah periksa di Balai Pengobatan atau tenaga medis terdekat.

“Wabah virus ini, masih banyak yang harus dipelajari tentang 2019-nCoV dan investigasi terhadap virus corona ini sedang berlangsung. Agar seluruh prajurit untuk waspada dan selalu membaca atau update terhadap informasi mengenai virus corona ini, tambah Danlanal, “tegas Danlanal. (Her)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini