MEDIA PURNA POLRI KAB.BANDUNG-Disamping Sebagai Awak Media Media Purna Polri ( MPP ) juga ikut berperan Aktif Sebagai Relawan Lingkungan Hidup dan DAS salah satunya Baru – baru ini LSM (JAWARA) merangkul Mpp dan Bersinergi dengan Pihak Kebun Kertamanah PTPN VIII dalam Pengawasan Daerah Aliran Sungai Hulu menyikapi serta menanggulangi Banjir lumpur pada lahan kebun akibat Okupasi Lahan.

LSM JAWARA (Jaringan Warga Aktif) Merasa tergugah melihat kondisi Masyarakat banyak yang terkena dampak banjir, merasa prihatin kepada Warga yang terkena Musibah sampai akhirnya JAWARA memutuskan mendatangi Perkebunan PTPN VIII untuk minta Audensi. Alhamdulillah Direksi Perkebunan PTPN VIII merespon positif.
Audensi dilakukan di Afdeling Cikembang Kebun Kertamanah PTPN VIII…./… /2018.

Hasil Audensi di sepakati Direksi Perkebunan PTPN VIII bersinergi dengan LSM Jawara juga melibatkan Awak Media MPP untuk melakukan perbaikan penanaman di lahan kritis atau lahan yang di anggap masih kosong.

Penanaman di prioritaskan pada bibir Anak Sungai atau DAS yang terdapat di lokasi Perkebunan, jenis pohon yang di tanam antara lain Bambu, jenis kayu kayuan dan Kopi, di mana jenis pohon-pohon tersebut bisa sebagai pengikat tanah agar tidak logsor.

Penanaman di lokasi Okupasi Lahan sangat di utamakan tujuannya untuk mengurangi Sadimentasi dan mencegah longsor serta menghindari Banjir lumpur.
Terutama Lahan Okupasi yang Kemiringannya melebihi 30 derajat.

Skala prioritas Penanaman di Kebun Afdeling Cikembang yang Lokasinya berada di DAS Hulu Sungai Citarum.

LSM Jawara yang di Ketuai ASEP JUARSE. SE. Selaku Ketum LSM Provinsi Jawa Barat bersama-sama dengan H. A. Opic Akbar Ketus DPC Jawara Kabupaten Bandung dan Kawan-kawan melakukan langkah-langkah dan Solusi untuk Melindungi Warga yang selalu terkena Dampak Banjir di wilayah Kecamatan Majalaya, Ibun dsb.

Karena menurut Pengakuan beberapa warga yang enggan di sebut namanya Ketika Banjir kiriman terjadi banyak Rumah Warga yang terendam bahkan roboh.

Oleh sebab itu sebagai bentuk kepedulian menurut keterangan dari S Deni selaku Humas dari LSM Jawara memaparkan kepada Media Purna Polri di ruang kerjanya, Bahwa Jawara telah menyumbangkan bantuan bibit pohon sebanyak 3000 pcs kekebun Kertamanah PTPN VIII untuk di tanam di area Perkebunan Afdeling Cikembang yang di anggap rawan terjadinya erosi dan longsor.

Penyerahan Bantuan Bibit dari LSM Jawara ke kebun PTPN VIII, Simbolis di terima Oleh Manager Kebun Kertamanah Dedi Kusramdani di Saksikan oleh wakil Kebun Bpk Somantri Kohar, beserta Ketua DPC LSM Jawara dan dkk yang berlokasi di Afdeling Cikembang.

LSM Jawara siap terlibat Membantu dan Bekerja sama dengan SP Bun, PTPN VIII dalam menyikapi dan Menangani Persoalan Antara Penggarap dan Pihak Kebun PTPN VIII.

Di sinyalir banyak Persoalan antara Penggarap Kebun dengan Pihak Kebun PTPN VIII yang sampai saat ini belum menemukan titik terang dan solusinya, untuk itulah LSM Jawara Siap membantu menjadi Garda penyelamat dan Fasilitator untuk menengahi konflik persoalan penggarap dan bagaimana penggarap bisa mendapatkan solusi untuk bisa duduk bersama dan menjalin kemitraan.

Sehingga dalam sebuah kemitraan pihak PTPN VIII dan penggarap bisa saling menguntungkan.

Menurutnya LSM Jawara Siap memberi Pemahaman terhadap penggarap, harapan Jawara mudah-mudahan dengan mediasi dan saling bersilaturrahmi akan menemukan silusi dan titik temu, sehingga penggarap dan pihak PTPN VIII kedepan bisa terjalin Kemitraan yang sehat, kundusif dan saling menguntungkan, Ujarnya.

( Robinson.Mpp )

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini