(MPP) Jakarta – Karang Taruna adalah organisasi sosial yang mewadahi pengembangan generasi muda yang memiliki kesadaran dan tanggung jawab sosial dilingkungan masyarakat. Dan bersama sama dengan Pemerintah dan komponen masyarakat lainnya Karang Taruna bekerjasama dan bahu membahu untuk menanggulangi berbagai masalah kesejahteraan sosial terutama yang dihadapi generasi muda, baik yang bersifat preventif, rehabilitatif maupun pengembangan potensi generasi muda di lingkungannya. Demikian penggalan dan rangkuman pembicaraan singkat tim jurnalis dengan Fauzan Tani Firdaus, selaku Ketua Karang Taruna unit RW.011 Kelurahan Kalideres, Kecamatan kalideres, Jakarta Barat.

Bertempat di Fasilitas Umum milik Pemda DKI. Jakarta, Lapangan Basket RT.001/RW.011 Kelurahan Kalideres, tepatnya pada malam pergantian Tahun, 31 Desember 2018, Panitia melaksanakan sebuah agenda penting yakni Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus Karang Taruna unit RW.011 Kelurahan Kalideres, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat.

Acara yang dikemas dengan baik dan menampilkan berbagai kesenian dan budaya tradisional dengan tema “Regenerasi Kepemimpinan Menuju Perubahan” ini, dihadiri oleh berbagai tamu dan undangan dari berbagai kalangan khususnya yang mewakili dari instansi Pemerintah setempat seperti, Lurah Kalideres dan jajarannya yang diwakili oleh Sekretaris Lurah, Teguh Muldiyanto, Perwakilan dari unsur Muspika, Pengurus RW.011 kalideres, Ketua Karang Taruna Kelurahan Kalideres, Asep Hamdi , dan Seluruh Ketua RT di wilayah RW.011 yang berjumlah 11 RT dan beberapa Tokoh Masyarakat seperti H. Ruslan.

Dalam sambutannya, Cecep Cepi, selaku Pembina Karang Taruna RW.011 Kelurahan Kalideres berharap terwujudnya pertumbuhan dan perkembangan akan kesadaran tanggung jawab sosial setiap generasi muda, sebagai warga Karang Taruna dalam mencegah, menangkal, menanggulangi dan mengantisipasi berbagai masalah sosial di masyarakat.

Diharapkan juga, terbentuknya jiwa dan semangat kejuangan generasi muda yang trampil dan berkepribadian serta berpengetahuan, mampu menjalin toleransi dan menjadi perekat persatuan dalam keberagaman kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara serta mampu mengatasi masalah kesejahteraan sosial dilingkungannya.
Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Karang Taruna Kelurahan Kalideres, Asep Hamdi, dalam sambutannya sesaat setelah penyerahan bendera Pataka Karang Taruna kepada Fauzan Tani Firdaus, selaku Ketua Karang Taruna RW.011 Kelurahan Kalideres.

Pengurus Karang Taruna unit RW.011 Kelurahan Kalideres, Kecamatan Kalideres, Jakarta yang dilantik dan dikukuhkan pada malam itu adalah : A. Suhanda (Majelis Pertimbangan), Setyawan (Majelis Pertimbangan), Bahariawan (Majelis Pertimbangan), Udi Antajani (Majelis Pertimbangan), Fauzan Tani Firdaus (Ketua), Yunus Rotestu Sakuain (Wakil Ketua), Daelumi (Sekretaris), Nur Aini (Bendahara I), Dewi (Bendahara II), Jajang dan Herman (Divisi Pembinaan Mental dan Rohani), Arif dan Suhandi (Divisi Seni Budaya dan Olahraga), Cucu Juanda, Abdul Wahid dan Parmin (Divisi Usaha Ekonomi Produktif dan Jasa), Eko Saputra dan Rohim (Divisi Hubungan Masyarakat), Ari Wibowo, Eko Arianto dan Iwan Setiawan (Divisi Perlengkapan).

Pada momentum yang sama, juga turut dilantik dan dikukuhkan seluruh Ketua RT, Sekretaris dan Bendahara di wilayah RW.011. Dan berdasarkan kesaksian dari Bahariawan, Salah satu Ketua RT yang dilantik pada malam itu, “Acara ini merupakan sejarah tersendiri bagi saya, sebab baru pertama kali terjadi di RW.011 atau mungkin juga di wilayah lain yang mana pelantikan dan pengukuhan RT dilakukan secara bersama-sama dan sangat meriah”. imbuhnya.

Ketua-ketua RT yang dilantik dan dikukuhkan pada saat itu adalah : Suherman (Ketua RT.001), Yurizal (Ketua RT.002), Mudjianto (Ketua RT.003), Adey Hidayat (Ketua RT.004), Bahariawan (Ketua RT.005), Sardjono (Ketua RT.006), Agus Sopyan (Ketua RT.007), Uum Mulyadi (Ketua RT.008), Ujang (Ketua RT.009), Pardi (Ketua RT.010) dan Alius Sutisna (Ketua RT.011).

Dihubungi terpisah terkait pelantikan dan pengukuhan Ketua-Ketua RT, A.Suhanda, selaku Tokoh Masyarakat berpesan agar setiap Ketua RT dan pengurusnya dapat memelihara dan melestarikan nilai-nilai kehidupan masyarakat Indonesia yaitu gotong royong dan kekeluargaan.
Beliau juga berharap agar Ketua-ketua RT dan jajarannya dapat bekerjasama dan mendukung Karang Taruna yang ada di wilayah RW.011 demi kemajuan dan kebaikan bersama.

Khidmatnya acara pelantikan dan pengukuhan ini, ditutup oleh doa yang dipimpin oleh Ustad Adey Hidayat agar Pengurus Karang Taruna dan Pengurus RT yang telah dilantik dan dikukuhkan bekerja dengan penuh tanggung jawab, amanah dan atas dasar kecintaannya kepada Allah, Sang Pemilik kehidupan.

Diwawancarai setelah acara selesai, Fauzan Tani Firdaus, selaku Ketua Karang Taruna unit RW.011, berkomentar terkait kepemimpinannya bahwa, “Jabatan ini sebuah amanah, dan bentuk pengabdian yang harus dilaksanakan dalam bentuk kerja nyata bagi masyarakat dan lingkungan di wilayah RW.011 Kalideres”. Dan pada kesempatan yang sama beliau juga menyampaikan, “Selamat bertugas dalam mengemban amanah kepada Seluruh Pengurus Karang Taruna dan Pengurus RT yang ada di wilayah RW.011 Kelurahan Kalideres”.(team)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini