MEDIA PURNA POLRI,KARAWANG- Dalam rangka mencapai target Pemerintah Pusat pada tahun 2025 seluruh bidang tanah sudah tersertifikasi, Pemerintah membuat program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Program peraturan dari surat keputusan bersama (SKB) yang di tunjuk oleh Presiden Ir.H Jokowidodo melalui tiga Kementerian diantaranya Kementerian ATR/ BPN,  Kementerian Dalam Negeri, dan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi tertanggal 22 Mei 2017 Nomor : 25/SKB/V/2017, Nomor : 590-3167A tahun 2017 dan Nomor 34 tahun 2017, mengenai Pembiayaan Persiapan Pendaftaran Tanah PTSL sekitar Rp 150 ribu/bidang untuk Pulau Jawa dan Bali,Ucap Kepala BPN Karawang Hadiat Sondara D, Jum’at 7/12/2018,kepada awak media.

“Program tersebut, program Pemerintah adanya dugaan Pungli di Kecamatan Pakisjaya, dari BPN Karawang tidak memungut biaya sepersen pun, waktu pelantikan kami sudah berikan, Penjelasan dan pembekalan agar pelaksanaan PTSL ini berjalan lancar,”Jelas Hadiat.

PTSL ini dibiayai Negara untuk pengukuran, panitia, blanko, sementara bagi yang memerlukan AJB, AJB bayar sendiri, pernyataan diatas materai, materainya harus dibeli sendiri, BPHTB dan PPH ada keringanan, dengan membuat pernyataan diatas materai terhutang BPHTB dan PPH, nantinya dicantumkan di sertifikat,” Pungkasnya.

Menurutnya, Dia telah menetapkan pada tahun 2018, untuk wilayah Kabupaten Karawang BPN sudah ditetapkan lokasi di 4 Kecamatan, yaitu Batujaya, Pakisjaya, Cibuaya, Tirtajaya. Dengan target pencapaian PTSL, di empat Kecamatan sebanyak 50.600 bidang sertifikat selesai sampai akhir tahun 2018.

“Intinya PTSL dilakukan secara bergiliran dengan skala prioritas, sehingga nantinya target 2025 seluruh bidang-bidang tanah sudah terdaftar dan tersertifikasi,” Tegasnya.(Margono S)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini