MEDIA PURNA POLRI,KALTENG- Kajari Barito Timur akhirnya ambil sikap tegas melakukan lidik atas maraknya Tambang Lipat diwilayah Bartim.

Harusnya begitu,Media dan Lsm dorong APH bidang TPK aktif membuka dugaan TPK sektor pertambangan khusus wilayah Barito Timur umumnya Kalimantan Tengah dan harapan aktifis Lsm Lp3k agar Gakkum bersifat tegas dan tidak tebang pilih.

Maraknya aktifitas Tambang Lipat di Barito Timur sudah pula disampaikan kepada Bareskrim Polri untuk melakukan lidik berkelanjutan dan dugaan kemungkinan ada oknum dibelakang kegiatan Tambang Lipat tersebut.

Hal ini terlihat dengan gerak cepatnya kegiatan Tambang Lipat bisa menghilang pada saat tim aparat hukum turun ke lapangan,penjelasan Rd salah seorang warga Bartim menuturkan,dia bersama kawan-kawanya bisa melakukan kegiatan Tambang Lipat fokusnya malam hari karena menghidari operasi penertiban oleh aparat terkait,demikian diungkapkan Rd waktu yang bersangkutan datang ke Redaksi Perwakilan mpp Sekretariat DAS Barito sesaat sebelum berita ini dinaikan.(08/12/2018).

Secara umum usaha tambang tentu menjadi harapan warga Bartim,sebagaimana diutarakan Bang Iyan warga Desa Sibung Kec Raren Batuah Kab Barito Timur,Bang Iyan yang sehari-harinya jualan buah-buahan musiman mengeluhkan sulitnya mencari pekerjaan diwilayah Kalimantan Tengah sehingga terpaksa dirinya menjadi penjual buah-buahan musiman sekedar memenuhi kebutuhan harian bagi keluarganya.

Dirinya berharap usaha tambang yang ada itu resmi,agar warga lokal dapat juga mencari pekerjaan tetap,setidaknya 5 th kedepan ada jaminan pekerjaan bagi kelangsungan hidup keluarganya dan kelestarian lingkungan tetap dapat dijaga.

Sementara itu aktifis Lsm anti korupsi Hd,mengharapkan 20 Pejabat terkait yang dilidik Kajari Bartim diposisikan sama sebagai warga Negara NKRI tidak ada diskriminasi proses hukum karena jabatan dan atau kedudukan terduga di Pemerintahan maupun secara status sosial,agar keadilan dan ketertiban hukum dapat dijalankan sesuai prinsip-prinsip penegakkan hukum yang baik dan benar.(TS,SH)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini