MEDIA PURNA POLRI,JAKARTA- Deklarasi kampanye damai yang di hadiri oleh kedua pasangan Capres dan Cawapres, Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno serta seluruh tim kampanye dan pimpinan partai pendukung di Lapangan Monas, Jakarta Pusat, Minggu (23/9/2018).

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman resmi membuka masa kampanye untuk pemilihan umum serentak 2019. Masa kampanye akan berlangsung hingga 13 April 2019.

“KPU RI menyatakan dimulainya kampanye damai pemilu serentak tahun 2019,” Ujar Arief di lokasi, Minggu (23/9/2018).

Dalam pembukaan, Arief meminta seluruh tim pasangan Capres dan Cawapres memanfaatkan masa kampanye untuk mengenalkan visi-visi, program atau citra diri masing-masing calon kepada pemilih, serta diminta untuk melaksanakannya dengan damai dan tertib, menghindari politisasi Suku, Agama dan Ras, serta tidak saling menghujat.

Menurut Arief, masa kampanye seharusnya menjadi ajang pendidikan politik kepada pemilih. Dengan harapkan tingkat partisipasi pemilih dalam pemungutan suara dapat meningkat.

Butir deklarasi kampanye damai juga di sampaikan oleh Ketua KPU “pertama, mewujudkan pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil, Kedua, melaksanakan kampanye pemilu yang aman, tertib, damai, berintegritas, tanpa hoaks, politisasi SARA, dan politik uang.” Jelas Arief.

“Laksanakan kampanye berdasarkan peraturan perundangan undangan yang berlaku.” Tambah Arief.

Setelah pengucapan ikrar deklarasi kampanye damai Pemilu 2019, pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin dan Prabowo-Sandiaga melepaskan burung merpati.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti kampanye damai.

(Willy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini