Kombes Pol Roma Hutajulu Siaga Amankan Wilayah Jakarta Pusat

474
views

Media Purna Polri, Jakarta – Keamanan wilayah Jakarta Pusat yang dirasakan warga belakangan ini, tak lepas dari peran sentral Kombes Pol Roma Hutajulu. Ya, pria yang dikenal tegas ini sehari-hari menjabat sebagai Kapolres Metro Jakarta Pusat.

Lulusan Akpol 1995 ini berpengalaman dalam bidang reserse. Seperti menjadi Kasat Reskrim Polres Jakarta Utara (2010), Kasubdit II Ditreskrimsus Polda Jateng, Kapolres Purworejo (2013), Wakapolres Metro Jakarta Pusat (2015) hingga Kasubdit III Dittipideksus Bareskrim Polri (2016).

Pria kelahiran Kepulauan Bangka Belitung, berusia 46 tahun ini tentu sudah paham betul bagaimana caranya mengelola kamtibmas agar warga tak risau lagi dengan ancaman kejahatan.

Beberapa program Kombes Pol Roma yang sangat dirasakan masyarakat Jakarta Pusat adalah Komat (Komunitas Anti Tawuran), Empat Protap, Polisi Pecinta Masjid hingga Polisi RW.

“Masyarakat harus bertanggung jawab akan keamanan wilayahnya supaya semua merasa aman dan nyaman,” Ucap Kombes Pol Roma Hutajulu.

Dirinya mengeluarkan terobosan dengan melaunching empat prosedur tetap dalam pedoman pengamanan kepolisian baik untuk pagi, siang, sore dan malam.

Pertama adalah penyebaran personel untuk mengatur lalu lintas. Prosedur yang kedua adalah kring atau tempat reserse dalam rangka antisipasi tiga cepu kejahatan jalanan seperti curat, curas dan ranmor.

”Itu bagaimana mereka mengelola kring reserse. Bertemu di satu titik rawan untuk bagaimana melakukan upaya pencegahan, pengungkapan terkait terjadi curat dan curas curanmor,” Tambah Kombes Pol Roma Hutajulu.

Selanjutnya, dia juga menekankan adanya pertukaran informasi antara masyarakat dengan Polri baik soal kasus narkoba ataupun tawuran warga.

“Bukan hanya di Johar Baru. Saya buat semua terintegerasi dari fungsi intelejen dan Binmas. Kalau narkoba ya reserse narkoba Polres dan Polsek, kalau cepu, tiga cepu reskrim dengan unit reskrim,” Jelas Kombes Pol Roma Hutajulu.

Bukan hanya soal keamanan, dirinya juga fokus membenahi arus lalu lintas agar warga nyaman selama berkendara. Beberapa titik rawam macet yakni Simpang Lima Senen, Perempatan Golden, Tanah Abang terutama daerah Thamrin City atau underpass Karet Bivak.

“Kami taruh personel agar masyarakat aman dan nyaman,” Imbuh Kombes Pol Roma Hutajulu.

Dia juga memaksimalkan Polisi Pecinta Masjid maupun Polisi RW sehingga mampu meminimalisir keadaan yang ada di masyarakat, Kamtibmas adalah keharusan yang perlu diterapkan. Apalagi, saat ini akan menyambut Asian Games 2018.

“Kami total melakukan pengamanan Asian Games demi menyukseskan event ini,” Tegas Kombes Pol Roma Hutajulu.

Prestasi gemilang Kombes Pol Roma lainnya adalah membangun Balai Wartawan bagi Jurnalis di wilayah Jakarta Pusat. Apa yang dilakukan Roma ini adalah bentuk penghargaan Polri bagi insan pers di Indonesia.

Yang paling prestisius, Balai Wartawan yang dibangun Kombes Pol Roma Hutajulu ini dinilai paling elit diantara seluruh Balai Wartawan Pokja di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

“Kami bangga dengan pak Roma. Beliau sangat luar biasa. Selain prestasinya gemilang, beliau juga sangat perhatian dengan insan pers di tanah air. Kami doakan agar beliau sukses dan lancar karirnya,” Ucap Ketua Jurnalis Jakarta Pusat Achmet Ferdiansyah.

Selamat Ulang Tahun dan Sukses selalu Kombes Pol Roma Hutajulu, semoga sekeluarga selalu sehat sehingga bisa memberikan yang terbaik bagi warga Jakarta Pusat dan bangsa Indonesia.

(Willy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini