MEDIA PURNA POLRI,BANJAR – Rabu10 Mei 2018,Seorang pencuri sepeda nyaris babak belur di hajar massa, sampai baju si maling compang-camping di RW 07, Lingkungan Jadimulya, Kelurahan Hegarsari, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar.

Antisipasi aksi anarkis massa berkepanjangan, si maling berhasil diamankan dan dibawa ke Pos Kamling Adam (Aman Damai Asri Mandiri) oleh petugas ronda, Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat (FKPM), Babinsa dan Bhabinkamtibmas Kelurahan Hegarsari.

Permasalahan pencurian itu berhasil diselesaikan di Pos Kamling Adam, dimediasi Wakil Walikota Banjar 2003-2013, H.Akhmad Dimyati, setelah para pihak melakukan kesepakatan dan menandatangi surat pernyataan di Poskamling Adam.

Aksi penangkapan pencuri dan penyelesaian permasalahan di Pos Kamling Adam tersebut, merupakan simulasi saat Tim Penilai Polda Jabar melakukan penilaian Pos Kamling Adam.

Ketua Tim Penilai Polda Jabar, AKBP Lilis Mulyani dan AKBP Tatang Sutisna, mengapresiasi positif simulasi dan aneka kelengkapan yang ada di Pos Kamling Adam, termasuk ketersediaan mobil operasional yang disiagakan.

“Simulasinya bagus. Dibenarkan dan ada aturannya untuk kasus tindak pidana ringan yang Hukumannya dibawah 3 bulan dengan nilai kurugian dibawah Rp 2,5 Juta, supaya diselesaikan di Pos Kamling dengan melibatkan FKPM, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Tokoh Masyarakat dan Stakholder terkait, tidak perlu dibawa ke Kantor Polisi setelah proses musyawarah mufakat dan ada kesepakatan para pihak,” Kata AKBP Lilis Mulyani dan AKBP Tatang Sutisna.

Lebih lanjut AKBP Tatang Sutisna, mengapresiasi atas partisipasi masyarakat menjaga keamanan lingkungan, termasuk kepedulian mantan Wakil Wali kota Banjar, H.Akhmad Dimyati, yang menyediakan mobil kijang Z 202 Z untuk keperluan Darurat Warga sekitarnya.

“Pengumuman juara Pos Kamling Tingkat Polda Jabar dijadwalkan pada ulang Tahun Polri, 1 Juli 2018 mendatang. Penilaian pos kamling seperti ini sudah menjadi agenda rutin tahunan. Tentunya banyak sekali item yang dinilainya itu,” Tlutur Tatang Sutisna.

Waka Polres Banjar, Kompol. Ade Najmulloh mengatakan, Pos Kamling Adam merupakan Pos Kamling duta Polres Banjar, untuk maju dan bersaing dengan Polres lain yang dibawah Polda Jabar.

“Diharapkan keberadaan Pos Kamling itu mampu memberikan kenyamanan dan keamanan masyarakat sekitar. Menjaga keamanan itu adalah tanggung jawab bersama. Semoga saja, Pos Kamling Adam menjadi juara pertama di Polda Jabar dan pos kamling lain di Kota Banjar mampu meniru lebih baik kesiapsiagaan yang ada di Pos Kamling Adam sekarang ini ,” Ujarnya.

Ketua FKPM Kelurahan Hegarsari, Ade Juju, mantan Wakil Walikota Banjar dua Periode 2003-2013, H.Akhmad Dimyati, Ketua RW 07, Kelurahan Hegarsari, Heri Herdiana, menyatakan, kawasaan Jadimulya yang berlokasi dekat Stasiun Banjar, dahulu sempat terkenal dan disebut kawasan “Nagara Beling”.

Hal ini seiring kondisinya pada tempo dulu, menjadi tempat pelarian dan persembunyian para copet dan aksi kriminal lainnya.

“Alhamdullilah, sejak Pos Kamling Adam berdiri, parkir sepeda motor dan mobil dipinggir jalan pun aman dan tak pernah ada yang hilang sekarang ini,” Kata H.Akhmad Dimyati kepada “KAPOL”.

Menurut mantan Wakil Walikota Banjar dua periode ini, juara Pos Kamling tingkat Polda Jabar itu merupakan suatu jalan atau jembatan, upaya menuju peningkatan keamanan masyarakat.

“Nopol mobil Z 202 Z yang dipergunakan untuk kepentingan darurat, ini sebagai salah satu simbol perlawanan terhadap aneka kriminal,” Tutur H.Akhmad Dimyati, sambil tersenyum diplomatis.

Sekretaris Dinas Satpol PP Banjar, Wawan Hernawan, berharap Pos Kamling Adam terpilih menjadi juara Pos Kamling Tingkat Polda Jabar.

“Juara Pos Kamling Adam itu membawa nama baik Kota Banjar di tingkat Polda Jabar, nantinya,” Ujarnya. (Ida)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini