MEDIA PURNA POLRI,INHIL- Daftar Pemilih Sementara (DPS) resmi diumumkan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Indragiri Hilir, Minggu (25/3/2018) kemarin.

Pengumuman tersebut berdasarkan hasil pemuktahiran data pemilih, Yang diperoleh melalui Panitia Pemungutan Suara (PPS) mulai tanggal 24 Maret sampai 2 April 2018.

Hasil DPS ini merupakan pencocokan dan penelitian (Coklit) Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) yang diputuskan oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) dari tanggal 20 Januari – 18 Februari 2018.

Divisi Program dan Data KPU Inhil Nahrawi, Mengingatkan kepada seluruh masyarakat dan tim pasangan calon agar sekiranya memberikan tanggapan atau masukan terhadap hasil DPS tersebut.

Dia menambahkan, Bagi masyarakat yang belum memenuhi syarat sebagai pemilih di Pilkada Gurbernur, Wakil Gubernur Riau, Bupati dan Wakil Bupati Indragiri Hilir yang akan di helat pada Juni mendatang, agar segera mendaftar di PPS seusai KTP.

Dari tanggal 3 – 7 April 2018, PPS akan melakukan perbaikan DPS dari masukan dan tanggapan masyarakat, Yang akan tersusun menjadi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) yang akan menjadi dasar dalam penetapan DPT.

“Jadi, kami sangat mengharapkan partisipasi masyarakat dalam melakukan pencermatan dan akurasi data DPS yang diumumkan,” Imbuhnya.

Berikut contoh tanggapan dan masukan masyarakat yang diharapkan KPU Indragiri Hilir.

1. Pemilih yang terdaftar di DPS tapi tidak memenuhi syarat lagi sebagai pemilih di TPS tersebut, Misalnya sudah pindah domisili, Meninggal dunia dan lain-lain.

2. Pemilih yang memenuhi syarat sebagai pemilih tapi belum terdaftar di DPS, Misalnya anggota TNI/Polri yang sudah pensiun, Pemilih pemula dan lain-lain.

Partisipasi masyarakat dalam memberikan masukan dan tanggapan terhadap DPS sangat diharapkan demi akurasi data pemilih sebelum di tetapkan sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT). (Har/Mus)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini