MPP, Jabar-Bhabinkamtibmas merupakan singkatan dari Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat.
Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia (POLRI) yang bertugas membina keamanan dan ketertiban masyarakat (KAMTIBMAS)dan juga merupakan pengemban fungsi Pemolisian Masyarakat (POLMAS) di Desa atau Kelurahan manapun.
Bhabinkamtibmas merupakan perubahan nama dari Babinkamtibmas (Bintara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat).
Sesuai dengan Keputusan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, tentang sebutan Babinkamtibmas (Bintara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) menjadi Bhabinkamtibmas (Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) yang di emban oleh setiap anggota Polri dari kepangkatan Brigadir sampai dengan Inspektur.
Fungsi Bhabinkamtibmas adalah sebagai berikut :

1. Melaksanakan Kunjungan atau Sambang ke Masyarakat.
2. Membimbing dan menyuluh di bidang hukum dan Kamtibmas untuk meningkatkan Kesadaran Hukum (Kadarkum) dan Kamtibmas dengan menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia (HAM) 3. Menyebar luaskan informasi tentang kebijakan Pimpinan Polri yang berkaitan dengan Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Harkamtibmas)
4. Mendorong pelaksanaan Siskamling dalam pengamanan lingkungan dan kegiatan masyarakat 5. memberikan pelayanan Kepolisian bagi masyarakat yang membutuhkan
6. menggerakkan kegiatan masyarakat yang bersifat positif
7. berkoordinasi dengan Perangkat Desa dan pihak terkait lainnya dalam upaya pembinaan kamtibmas
8. Melaksanakan konsultasi , Mediasi, Negosiasi, Fasilitasi, Motivasi kepada masyarakat dalam Harkamtibmas dan pemecahan masalah kejahatan dan sosial.
Terkait dengan peran Bhabinkamtibmas, maka Bhabinkamtibmas itu harus menjadi, Teladan dan pelindung bagi masyarakat, Mampu lebih dekat dan lebih mendengarkan segala keluhan dari masyarakat, Keluhan apa saja dan segala hal permasalahan.
Selain daripada itu, Bhabinkamtibmas pun berperan sebagai mata dan telinga Polri, Mengapa demikian Bhabinkamtibmas merupakan ujung tombak, Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia yang bertugas dan bersentuhan langsung dengan masyarakat.
Kemudian apakah Bhabinkamtibmas harus dapat menyelesaikan segala permasalahan ? Jawabnya adalah tidak wajib, Namun Bhabinkamtibmas harus dapat memfasilitasi, Memediasi dan upaya- upaya lainnya melalui forum- forum yang lebih tepat agar permasalahan tersebut dapat segera teratasi dan diambil jalan keluarnya.
Bhabinkamtibmas merupakan kesatuan Polisi yang diidam – idamkan oleh setiap masyarakat, Karena tugasnya yang langsung bersentuhan, Berinteraksi dengan masyarakat, Tentunya dengan menjadikan contoh yang baik maka masyarakat pun akan dekat dan terciptanya kehidupan masyarakat yang Aman, Tentram, Adil dan Sejahtera. Semoga kondusif dan aman dan banyak perubahan di 2018 .
(Wandha)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini