MPP,Jakarta- Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya berhasil mengamankan tiga pelaku sindikat penipuan undian yang mengatasnamakan aplikasi Whatsapp. Para pelaku ditangkap di Desa Lautang Sulawesi Selatan pada jumat (09/03) lalu.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Pol Nico Afinta SIK SH MH mengungkapkan, Para pelaku diduga melakukan penipuan melalui aplikasi Whatsapp yang mencantumkan nama pejabat seperti Menteri hingga Kapolri. Ketiga pelaku tersebut antaranya TJ (24), AD (30), dan MR (21).

“Mereka (pelaku) merupakan warga Desa Lautang Kecamatan Belawa Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan.” Ungkap Kombes Nico kepada MPP, minggu (11/03/18).

Sementara, Kasubdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Jery Raimond Siagian menjelaskan, Para pelaku menjalankan peran masing-masing. Ada yang buat blog, Ada yang menghubungi korban, Dan ada yang meyakinkan korban, Ada juga yang berperan sebagai pejabat.

Yang menjadi otak komplotan itu adalah TJ. Dia yang membuat akun blog seolah-olah merupakan website resmi perusahaan yang mengadakan undian tersebut. Dari tangan pelaku, polisi menyita barang bukti berupa sejumlah uang tunai, 5 laptop, 8 buah modem, 31 Handphone, Puluhan SIM Card, 4 kartu ATM BRI.

“Untuk para pelaku sementara kita jerat dengan pasal 378 KUHP tentang penipuan.” Jelasnya.(Indra)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini