Kebumen, MPP – Ujian Kesamaptaan Jasmani (Samjas) Periodik Semester I T.A. 2024 digelar Polres Kebumen di Stadion Chandradimuka Kebumen, Selasa 20 Februari 2024.

Pembukaan Samjas ditandai dengan pengibaran bendera start dari Kapolres Kebumen AKBP Recky yang saat itu diwakili oleh Kabag SDM Polres Kompol Tamzil Mardiono.

Dalam sambutannya, Kompol Tamzil Mardiono mengatakan, Ujian Samjas akan digelar tiga gelombang, dengan pelaksanaan tiga hari berturut-turut.

“Ujian Kesamaptaan Jasmani yang dilaksanakan secara periodik 6 bulan sekali wajib diikuti seluruh personel.”

“Ujian Samjas ini bertujuan untuk mengukur tingkat kebugaran masing-masing personel, dan menjaga kesiapan stamina serta memelihara kesehatan agar selalu siap menjalankan tugas,” kata Kompol Tamzil.

Selanjutnya Kasihumas Polres AKP Heru Sanyoto mengungkapkan ada beberapa sistem penilaian perorangan saat pelaksanaan Ujian Samjas.

Yakni penilaian untuk lari 12 menit, pull up, push up, sit up, serta shuttle run.

Sebelum kegiatan ujian dimulai, para peserta dilakukan pengecekan kesehatan oleh Urkes Polres Kebumen, serta pemanasan.

Meski dilakukan secara periodik, dari kegiatan ini diharapkan agar dilaksanakan secara maksimal dengan niat berolahraga.

“Olahraga merupakan hal yang sangat penting dan dibutuhkan oleh tubuh kita. Pentingnya olahraga bagi tubuh dapat diilustrasikan seperti mesin yang tidak pernah digunakan lambat laun, bagian-bagian dari mesin akan rusak karena tidak terlatih untuk terus bergerak,” Kata AKP Heru.

Hasil penilaian Ujian Samjas selanjutnya akan dilaporkan ke Polda Jateng. Penilaian Ujian Samjas juga masuk dalam Program 13, menjadi salah satu syarat personel untuk bisa mengikuti pendidikan pengembangan umum Polri, ataupun ASN Polri, termasuk persyaratan pengusulan kenaikan pangkat serta pendidikan lanjutan bagi ASN Polri.

(Humas Polres Kebumen) AD1

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini