Kebumen, MPP – Mendekati pengamanan pungut hitung suara, banyak langkah dilakukan Polres Kebumen agar situasi tetap aman kondusif.

Di antaranya, Polres Kebumen membentuk pasukan pengurai masa (Raimas) Presisi Satsamapta Polres Kebumen.

Siang ini, pasukan Raimas Presisi Satsamapta dilakukan pengecekan oleh Irwasda Polda Jateng KBP Drs Rudy Mulyantoko dab Irbid II KBP Bambang Hidayat, Senin 12 Februari 2024.

Kedatangan tim dari Polda disambut Wakapolres Kebumen Kompol Muhammad Nurkholis beserta PJU Polres di halaman Mapolres.

“Kedatangan dari Polda ingin mengecek kesiapan anggota dalam rangka Operasi Mantap Brata pengamanan pungut hitung Pemilu di Kebumen,” jelas Kapolres Kebumen AKBP Recky melalui Kasihumas AKP Heru Sanyoto.

Para personel Raimas Presisi Satsamapta Polres Kebumen dibariskan lalu dilakukan pengecekan peralatan yang akan digunakan selama pengamanan. Nampak juga Unit K9 ikut dilakukan pengecekan saat itu.

Kabag Ops Polres Kebumen Kompol Setyoko menambahkan, kedatangan Irwasda Polda Jateng KBP Drs Rudy Mulyantoko yang juga Kawas Opsda OMB dalam rangka pengecekan Power on hand Kapolres Kebumen.

Personel yang terlibat sebagai power on hand Kapolres Kebumen merupakan personel yang siap digerakkan 1×24 jam jika mendadak dibutuhkan.

Power on hand, merupakan kekuatan yang bisa digerakan sesuai dengan ketentuannya, serta sesuai perkembangan situasi yang ada oleh pimpinan.

“Perkembangan situasi, kita tidak bisa mengetahui secara pasti. Sehingga kita membentuk pasukan power on hand yang bisa digerakkan sewaktu-waktu. Yang bisa menggerakkan adalah pimpinan,” ujar Kompol Setyoko.

Personel yang dilibatkan sebagai pasukan power on hand memiliki kriteria dan pelatihan khusus. Diantaranya harus siap diri, siap fisik, siap ketrampilan, serta siap peralatan.

Sarana dan prasarana pendukung pengamanan harus benar-benar dalam kondisi siap digunakan kapanpun, sehingga siang ini dilakukan pengecekan.

(Humas Polres Kebumen) AD1

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini