Barito Utara,MPP – Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Edy Pratowo, S.Sos., M.M. melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Kabupaten Barito Utara, khususnya di wilayah DAS Barito. Kunjungan ini dilaksanakan untuk meninjau langsung dampak banjir dan membuka Pasar Penyeimbang di beberapa titik.

Tiba di Kantor Kelurahan Jingah Jl. Koyem Km 5 Muara Teweh, Kamis (01/02/24), Wagub disambut oleh Penjabat Bupati Barito Utara Drs. Muhlis dan Dandim 1013/Mtw Letkol Inf, Agussalim Tuo, S.H M.IP. beserta anggota Forkopimda.

Di Kelurahan Jingah, Wagub Edy Pratowo membuka Pasar Penyeimbang sebagai upaya untuk stabilkan harga kebutuhan pokok pasca banjir. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan rasa prihatin Pemprov Kalteng terhadap musibah banjir di Kabupaten Barito Utara.

Edy Pratowo menjelaskan, “Jika penanganannya memerlukan dukungan Pemprov, kami siap melalui BPBD dengan langkah-langkah seperti pembuatan dapur umum, evakuasi warga, dan pemberian kesehatan.”

Pasar Penyeimbang diadakan di dua titik, yaitu di Kel. Jingah Kec. Teweh Baru dan di kantor Bulog Kel. Lanjas Kec. Teweh Tengah. Paket sembako senilai 200 ribu rupiah disubsidi Pemprov sebesar 150 ribu rupiah, sehingga masyarakat hanya membayar 50 ribu rupiah atau bahkan gratis setelah subsidi tambahan sebesar 50 ribu rupiah.

Wagub menyampaikan harapannya, “Kami berharap setelah pasca banjir, masyarakat dapat pulih dengan bantuan sembako ini. Rencana pembangunan bendungan Muara Joloi di Kab. Murung Raya diharapkan dapat mengurangi dampak banjir di wilayah DAS Barito.”

Kegiatan hari itu turut dihadiri oleh sejumlah pejabat dari Pemprov dan Pemerintah Kabupaten/Kota serta dilanjutkan dengan penyerahan paket sembako secara simbolis. Isi paket sembako mencakup Beras 5 kg, Gula pasir 2 kg, Minyak goreng 2 ltr, Susu 1 kaleng, Teh 2 kotak, dan Kopi 2 bungkus.

Semua pihak berharap kerjasama ini dapat membantu masyarakat Barito Utara pulih dan tangguh menghadapi dampak banjir yang baru saja melanda.(M.Ilmi).

(Pendim 1013/Mtw)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini