Murung Raya_Polsek Permata Intan jajaran polres Murung Raya (Mura),Polda Kalimantan tengah beserta anggota aktif memantau perkembangan debit air DAS Barito di Kelurahan Tumbang Lahung, Kecamatan Permata Intan, Kabupaten Murung Raya.Pada hari Selasa,(16/Januari/2024),Pukul 07.30 WIB.

Hingga saat ini,curah hujan di Kecamatan Permata Intan masih tergolong aman,namun debit air DAS Barito telah mengalami kenaikan. Wilayah terdampak banjir saat ini adalah Kelurahan Tumbang Lahung,terutama di RT. 10 dan RT. 01,yang berada di posisi paling rendah dan langsung berdampingan dengan DAS Barito.

Warga Terdampak banjir RT. 10 ada 45 KK yang terdampak banjir,Fasilitas umum,Langgar Baiturrahim,Jembatan ketinggian Air mencapai 200,50 cm,dan di RT. 01 ada 8 KK yang terdampak banjir untuk fasilitas Umum, Jembatan tidak bisa dilalui Ketinggian air mencapai 100,50 cm,serta di RT.03,RT.02,RT. 07,RT. 05,RT. 08,juga Terdampak dengan ketinggian air bervariasi,jembatan tidak bisa dilalui pada beberapa RT.

Kapolsek Permata Intan Ipda Rio Desenataliato Makota,S.Th.,M.Pd.,Memberikan himbauan kepada warga untuk selalu waspada terhadap potensi banjir lebih besar.

“Kami mengingatkan kepada warga agar menjaga anak-anaknya dan menghindari bermain di lokasi banjir.menghimbau PLN untuk memutus listrik di wilayah terdampak guna menghindari risiko konsleting listrik akibat peningkatan debit air DAS Barito,”ungkap Kapolsek Permata Intan.

Situasi saat ini di RT. 10 dan RT. 01 Kelurahan Tumbang Lahung masih memungkinkan aktivitas menggunakan perahu.Kepolisian terus memantau dan siap mengambil tindakan preventif.

Kami berharap pentingnya kewaspadaan masyarakat terhadap perkembangan situasi. Hingga saat ini,kondisi di lapangan dianggap aman dan kondusif,”pungkasnya.(M.Ilmi).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini