Media Purna Polri, Murung Raya – Pemerintah Desa Tumbang Apat menggelar Musyawarah Desa (Musdes) Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP Desa) untuk tahun 2024. Acara ini berlangsung di Kantor Desa Tumbang Apat, kecamatan Sungai Babuat, kabupaten Murung Raya, Sabtu (16/12/2023).

Musdes RKP Desa ini dipimpin oleh Ketua BPD Desa Tumbang Apat, Lipat Purwadi. Dalam sambutan dan arahannya, Lipat Purwadi menyampaikan bahwa Musdes bertujuan sebagai instrumen penilaian kinerja perangkat desa, mengevaluasi efektivitas pelaksanaan tugas mereka.

“Musyawarah RKP Desa ini merupakan perencanaan tahunan untuk mencapai tujuan akhir yang telah ditetapkan dalam RPJM Desa. Kegiatan ini mengacu pada peraturan menteri desa No.17 tahun 2019 tentang pedoman umum pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa,” ujar Ketua BPD.

Pendamping Desa, Aspiansyah, menjelaskan bahwa RKP Desa disusun sebagai kerangka acuan bagi Kepala Desa dan perangkat Desa dalam menyusun program dan kegiatan tahunan yang sinergis sesuai tugas pokok fungsinya untuk mewujudkan visi misi yang telah ditetapkan dalam RPJM Desa.

“Selain itu, RKP Desa juga berperan sebagai instrumen akuntabilitas dan transparansi manajemen pemerintah desa kepada masyarakat dan elemen pemerhati pemerintahan,” jelas Aspiansyah.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Tumbang Apat, Reno Setiawan, menyatakan bahwa Musdes RKP Desa ini bertujuan mencapai rencana pembangunan jangka menengah desa selama enam tahun. Setiap tahun, penyusunan RKP Desa ditetapkan untuk kegiatan dalam setahun yang terdapat dalam RPJM Desa.

“Tujuannya adalah agar tercapainya pemanfaatan potensi desa secara maksimal, efisien, dan efektif dalam pembangunan desa menuju desa yang maju mandiri dan sejahtera,” ungkap Reno Kades Tumbang Apat.

Berdasarkan maksud dan tujuan tersebut, Rencana Kerja Pemerintah Desa memiliki kedudukan sebagai dokumen perencanaan yang memuat pokok-pokok kebijakan Pembangunan Desa dan menuntun ke arah tujuan pencapaian visi dan misi Desa.

Setelah pemaparan pokok-pokok pikiran BPD dan Anggota rapat, serta pemaparan realisasi kegiatan tahun berjalan oleh Kepala Desa Tumbang Apat, kegiatan dilanjutkan dengan pembentukan tim penyusun RKP Desa tahun 2024.

Acara ini dihadiri oleh Pendamping Desa Aspiansyah, Bhabinkamtibmas Pospol Sungai Babuat, Polsek Permata Intan Bripka Jusoa S. Simbolon, Bhabinsa Koramil 1013-13/Sungai Babuat Sertu Antonius, Ketua BPD beserta anggotanya, Kepala Desa Tumbang Apat Reno Setiawan, para Ketua RT, tokoh masyarakat, serta warga Desa Tumbang Apat.(M.Ilmi).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini