Kotabaru – Karyawan Perusahaan perkebunan kelapa sawit PT. MSAM (Multi Sarana Argo Mandiri) melaporkan kejadian pencurian di Workshop PT. MSAM Desa Sei Pasir ke Polsek Pulau Laut Tengah Kabupaten Kotabaru Provinsi Kalimantan Selatan, Senin (22/5/23).

Uraian singkat kejadian yang diterima Awak Media, pada hari Sabtu, tanggal 20 Mei 2023, sekitar pukul 08.00 wita, diketahui oleh Pelapor bahwa di area Workshop PT. MSAM diduga telah terjadi peristiwa pencurian.

Hal tersebut diketahui pada saat Pelapor beserta seorang mekanik menemukan komponen mesin (Branstop) didalam karung plastik warna putih berada didalam kabin DTM (Dump Truck Mitsubishi) 05, lalu dilakukan pengecekan pada bagian mesin DTM 05 ternyata Branstop sudah terlepas, kemudian dilakukan lagi pengecekan terhadap Branstop yang berada didalam kabin DTM 05 ternyata bukan Branstop dari DTM 05. Kemudian Pelapor koodinasi dengan Manajemen, diduga Branstop pada DTM 05 tersebut dicuri.

Atas kejadian tersebut PT. MSAM mengalami kerugian sekitar Rp 16.000.000,- (enam belas juta rupiah). Pelapor kemudian melaporkan peristiwa tersebut ke Polsek Pulau Laut Tengah guna proses penyelidikan lebih lanjut, disetai barang bukti berupa 1 (satu) buah Branstop DTM, dan 1 (satu) buah karung plastik warna putih.

Setelah dilaporkan ke Polsek Pulau Laut Tengah pada hari Senin 22 Mei 2023 sekitar pukul 22.30 wita petugas anggota Polsek Pulau Laut Tengah melakukan penyelidikan dan koordinasi dengan manajemen PT. MSAM terkait dugaan pencurian Branstop yang terjadi di workshop PT. MSAM, yang mana diduga pelaku pencurian Branstop tersebut dilakukan oleh karyawan PT. MSAM, pelaku berinisial (HS) dan (KH). Kemudian petugas meminta pihak manajemen perusahaan membawa (HS) dan (KH) ke Polsek Pulau Laut Tengah untuk dimintai keterangan,

Kepada petugas (HS) dan (KH) mengakui bahwa yang mengambil Branstop pada DTM 05 atas perintah inisial (HR), setelah itu petugas melakukan pengembangan dan kembali melakukan koordinasi dengan pihak manajemen PT. MSAM.

Kemudian, pada hari Selasa tanggal 23 Mei 2023 sekitar pukul 16.30 wita petugas mengamankan (HR) dibawa oleh security PT. MSAM ke Polsek Pulau Laut Tengah.

Dari hasil intrograsi bahwa (HS) dan (KH) mengakui mengambil Branstop DTM 05 pada hari Jum’at 12 Mei 2023, sekitar pukul 19.30 wita, atas perintah (HR).

Bahwa dalam melakukan pencurian Branstop tersebut (KH) berperan sebagai orang yang melepas Branstop dari DTM 05, dan (HS) memberikan penerangan dengan senter saat (KH) melepas Branstop dari DTM 05 selanjutnya (KH) menyerahkan Branstop kepada (HR).

Berdasarkan keterangan (HR) oleh karena yang bersangkutan banyak telilit hutang sehingga pelaku melakukan perbuatan tersebut untuk mendapatkan uang bilamana pelaku berhasil menjual Branstop tersebut.

Atas kejadian tersebut pelaku dijerat Tindak Pidana Pencurian sebagaimana dimaksud dalam Pasal 362 KUHP Jo Pasal 55, 56 KUHP.

(MY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini