Brebes,MPP – Puluhan anggota TNI dari Kodim 0713 Brebes kembali melakukan pemeriksaan kesehatan jantung di Rumah Sakit Tk. IV 04.07.01 Pagongan Tegal, Jl. Raya Pagongan, Desa Pepedan, Kecamatan Dukuhturi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Selasa (7/2/2023).

Disampaikan Karumkit Tk. IV 04.07.01 Pagongan Tegal, Mayor Ckm drg. Mochammad Farid Diantara Sp.KG, bahwa pemeriksaan kesehatan jantung ini dilakukan kepada para prajurit dan PNS di jajaran Korem 071 Wijayakusuma atau pelayanan Denkesyah 04.04.01 Purwokerto, termasuk salah satunya adalah satuan Kodim Brebes.

“Serbuan Elektrokardiogram atau EKG ini merupakan perintah langsung dari Kepala Pusat Kesehatan Angkatan Darat (Kapuskesad), untuk mengetahui kesehatan jantung para Prajurit TNI AD, PNS, dan Persit, sehingga meminimalisir kerugian personil akibat serangan jantung saat pelaksanaan tugas di lapangan,” terangnya.

Macam pemeriksaan yang dilakukan meliputi jantung koroner, gangguan irama jantung, riwayat serangan jantung, gangguan keseimbangan elektrolit, dan sebagainya.

Lanjutnya, pemeriksaan itu sangat penting karena penyakit jantung merupakan pembunuh nomor satu di dunia, sehingga apabila ditemukan gejala penyakit saat pemeriksaan EKG maka kegiatan fisik berat bisa dikurangi atau bahkan ditiadakan untuk yang bersangkutan.

“Kegiatan ini merupakan langkah penting untuk keselamatan anggota sehingga jika ditemukan gejala akan dilakukan perawatan yang tepat,” tandasnya.

Sementara disampaikan Kapten Cpl Ahmad Chaerul Huda Danramil 14 Banjarharjo selaku koordinator dari Kodim Brebes, bahwa pemeriksaan itu akan dilakukan sampai dengan akhir Maret 2023 nanti, dimana mekanismenya secara bergelombang setiap minggunya.

(Pen0713/Aan) AD1

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini