Media Purna Polri, Kabupaten Cianjur – Atas dasar laporan Informasi Nomor : R-LI/ 05/II/2020/Sat Reskrim, runtuhnya Kontruksi Rangka Jembatan pada kegiatan Pembangunan Jembatan Cibalagung pada ruas jalan Pasir Gede  Raya – Tangkil Tahap 2, yang berlokasi di Kampung Sukawargi Rt.01/06 Desa Babakan Karet, berdekatan dengan Perumahan Kalimaya kelurahan Bojongherang, rabu (05/02/2020).

Pada tahun anggaran 2019 Dinas PUPR Kabupaten Cianjur telah melakukan kegiatan Pembangunan Jembatan Cibalagung, dimana hasil leleng dikerjakan oleh CV. Karya Utama  dengan nilai Kontrak Rp5.858.399.996,90, dengan Nomor SPK :630/051/SP/Pemb/Jln/PUPR/2019, pada tanggal (02/08/2019).

Pada Hari Senin tanggal (30/02/ 2020) sekitar jam 17.00 wib konturksi jembatan yang masih dalam proses pengerjaan tersebut runtuh, sebelum pemasangan rangka jembatan tersebut, Dinas PUPR Kabupaten Cianjur, Penyedia Jasa dan Konsultan Pengawas telah memberikan pertimbangan kepada TIM ERESTICON Jembatan yaitu PT.Yambala Indonesia yang sekaligus sebagai Pabrikasi untuk menggunakan perancah (scaffolding) sebagai penyangga atau penopang dari bawah pada saat pemasangan rangka jembatan.

Pada tahap awal pemasangan kontruksi rangka jembatan, pihak penyedia jasa sudah melakukan pemasangan perancah untuk menopang kontruksi rangka jembatan tetapi pada tahap berikutnya TIM ERESTICON jembatan menganti tiang-tiang perancah dengan kabel seling sebagai penyanggah dan pengikat kontruksi rangka jembatan.

Dugaan sementara hasil olah TKP putusnya kabel sling penyangga dan pengikat jembatan yg dipasang oleh TIM ERESTICON pada angkur di abutment, untuk mengetahui sebab-sebab jembatan tersebut runtuh, karena jembatan tersebut masih dalam proses pengerjaan.

Satreskrim polres cianjur menyidik dan minta keterangan kaepada, (YJ) dan (AM) pemasang Baja Jembatan, (DA) CV. Karya Utama selaku Pemenang lelang, Dokumen surat yang sudah dikumpulkan, Foto copy Dokumen Kontrak kegiatan Pembangunan Jembatan Cibalagung, Foto Copy Dokumen Progress, Dokumen Visual.

Melakukan Pemeriksaan Bagian perencanaan/Konsultan, Melakukan Pemeriksaan PA, PPK, Pengawas lapangan dr Dinas PUPR, Melakukan Pemeriksaan Konsultan Pengawas, melakukan pemeriksaan terhadap Direktur  CV. Karya Utama, Melakukan pemeriksaan terhadap pihak/tim teknis PT. Yambala Indonesia selaku Tim Erektion dan sekaligus sebagai pabrikasi. (Asep dedi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini