Media Purna Polri, Nganjuk – DPD Amphibi ( Aliansi Masyarakat Pemerhati Lingkungan Hidup Dan B3 Indonesia ) Nganjuk berkomitmen dalam menjaga keseimbangan ekosistem dengan aksi tanam pohon sepanjang sumber mata air Gunung Wilis Di wilayah Desa Bajulan, kecamatan Loceret, Kabupaten Nganjuk. Beberapa elemen ikut bergabung dalam acara tersebut bersama Amphibi Di antaranya Perkawis (Pelestari Kawasaki Wilis), Bayu Arcapada, Pendaki SiaLan (Usia lanjut), Pemdes Desa Bajulan, LMDH, Destana, Perhutani KRPH Plangkat dan lainnya.

Lokasi acara Ada Di sekitar air terjun Singokromo Di wilayah obyek wisata Rorokuning. Ketua DPD Amphibi Kabupaten Nganjuk, Trias Hermanto memberikan keterangan kepada Media Purna Polri (31/01) “Aksi tanam pohon ini sangat bermanfaat untuk menjaga ketersediaan mata air yang dalam beberapa tahun terakhir debitnya menurun. Mata air yang mengalir dalam obyek wisata Rorokuning ini juga dimanfaatkan untuk kebutuhan warga desa.”

Kepala KRPH Plangkat, Purwanto juga memberikan keterangan bahwa pentingnya memberikan edukasi kepada masyarakat untuk mau mengubah kebiasaan pola cocok tanam palawija atau semusim dengan diganti komoditas menahun semisal kopi atau teh. Bertanam komoditas berumur panjang untuk mengurangi pengolahan tanah yang berdampak erosi, tambahnya Di sela Aksi tanam pohon.

Dalam kegiatan dengan tema Save Wilis tersebut Secara serentak ditanam 1200 bibit pohon bambu dan aren Di sumber mata air dan sepanjang aliran sungai sumbangan Dari berbagai donate. (her/wan/sar)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini