MEDIA PURNA POLRI,JAKARTA- Dinas Sosial Prov.DKI Jakarta, Irmansyah menghadiri Pembukaan Sosialisasi Program Sembako Tahun 2020 di Swisbell Hotel Jakarta, Rabu (22/1).

Dalam kesempatan tersebut ia menyampaikan penerima program Bantuan Sosial Pangan di Provinsi DKI Jakarta Tahun 2019 Sebanyak 172.239 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), Alhamdulillah untuk tahun 2020 meningkat menjadi 183.209 KPM.

Dalam hal ini, Kadis Sosial Irmansyah, mewakili Gubernur Provinsi DKI Jakarta, menyambut baik program Sembako tersebut. “Alhamdulillah dalam program Sembako tahun ini terdapat perubahan indeks bantuan yang sebelumnya Rp.110.000 per KPM per bulan menjadi 150.000 per KPM per bulan,” paparnya.

Selain itu, ia menilai, program sembako memperluas jenis komoditas yang dibeli sehingga tidak hanya berupa beras dan telur seperti program BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai). Hal ini sebagai upaya dari Pemerintah untuk memberikan akses KPM terhadap bahan pokok dengan kandungan gizi lainnya.

“Nanti ada pembahasan lebih rinci lagi, apa saja yang menjadi bahan pokok tambahannya, selain beras dan telur,” ungkapnya.

Saat ini Provinsi DKI Jakarta mempunyai target penurunan angka kemiskinan dalam Renstra 5 tahunan sebesar 1 persen, yaitu dari 3.78 persen di tahun 2017 menjadi 2.78 persen di tahun 2022. Pada september 2019, telah mengalami penurunan sebanyak 0.36 persen, yaitu menjadi 3.42 persen ( 362.300 jiwa)

“Ini menjadi tantangan serta tugas dan tanggung jawab Dinas Sosial untuk menyusun rencana strategis penanggulangan kemiskinan,” ungkapnya.

Adapun upaya yang ditempuh Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta dalam pengentasan kemiskinan. Salah satunya adalah melalui pelaksanaan pemenuhan kebutuhan dasar bagi fakir miskin melalui Pemenuhan Kebutuhan Dasar (PKD) bagi lansia, Disabilitas dan anak terlantar yang terdata dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), kegiatan pelatihan kemandirian UEP dan KUBE bagi fakir miskin serta pemberdayaan melalui program Pengembangan Kewirausahaan Terpadu yang mengedepankan kolaborasi dengan dunia usaha.

Sebagai informasi, Program Sembako merupakan program pengembangan dari program BPNT. Program ini merupakan perlindungan sosial masyarakat akan pangan kepada KPM dari kelompok masyarakat berpenghasilan rendah/keluarga miskin dan rentan. Program ini bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran serta memberikan manfaat tambahan nutrisi melalui pemenuhan sebagian kebutuhan pangan yang lebih seimbang kepada KPM secara tepat sasaran dan tepat waktu.(Dessi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini