Media Purna Polri, Jawa Tengah – Di SMK N 1 Petarukan telah dilaksanakan Upacara Bendera dalam rangka Police Goes To Campus Zona Aman Sekolah (Zoas) di wilayah Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang Jawa Tengah, Senin (13/1/2020) pukul 07.00 Wib.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kapolsek Petarukan,Kanit Binmas Polsek Petarukan, Bhabinkamtibmas Desa Pegundan,Kasek SMK N Petarukan beserta guru,Siswa/Siswi SMK N 1 Petarukan dengan jumlah peserta kurang lebih 1.500 orang.

Kapolsek Petarukan AKP Titik Liestiyowati, S.H. selaku Pembina Upacara sekaligus membacakan Amanat Kapolres Pemalang “Pada jaman modern dengan segala fasilitas dan situasi yang serba ada,kita wajib untuk selalu bersyukur serta menjaga nilai-nilai kemerdekaan yang kita rasakan saat ini”.

Sehingga pada era kepemimpinan Presiden Jokowi sekarang Pemerintah Pusat telah menyiapkan strategi pembinaan terhadap Ideologi Pancasila melalui pembentukan Unit Kerja Presiden Badan Pembinaan Ideologi Pancasila atau yang di singkat UKP-BPIP dan telah di Undangkan dengan Peraturan Presiden Nomor 7 Tahun.2018 tentang Badan Pembinaan Ideologi Pancasila.

Sedemikian besarnya perhatian dari Pemerintah,serta upaya yang di lakukan secara menyeluruh dan global untuk menanamkan kembali semangat Patriotisme terhadap Falsafah Ideologi Pancasila.

Hal ini di lakukan karena Pemerintah memandang bahwa saat ini para remaja/kalangan pelajar kita sudah mulai merosot dan luntur pemahaman tentang nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bermasyarakat.

Salah satunya yang menjadi perhatian dari Pemerintah dalam hal ini Jajaran Polri adalah maraknya aksi kejahatan atau kriminalitas yang terjadi di lingkungan masyarakat maupun sekolah.

Polri sebagai Lembaga/ Institusi Negara sebagaimana tertuang dalam Undan-Undang Nomor 2 Tahun 2002, yang dalam tugas pokoknya,antara lain:Memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat,melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat serta melakukan berbagai upaya untuk terlaksananya penegakkan hukum.

Pelaksanaan tugas Polri bukan tanpa hambatan dan rintangan,kendati demikian jajaran Polri khususnya Polres Pemalang akan terus berusaha seoptimal mungkin guna memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat sehingga tercipta Kamtibmas yang aman dan kondusif di wilayah Kabupaten Pemalang.

Polri dengan di dukung segenap komponen dan stake holder terkait,saat ini sangat serius untuk menyelamatkan masa depan generasi muda/para pelajar dan mahasiswa maraknya aksi kriminalitas dan kekerasan yang melibatkan kalangan pelajar seperti: Aksi tawuran antar pelajar,balai liar kecanduan atau mengedarkan narkoba,pergaulan seks bebas,aksi bulling terhadap teman sendiri.

Aksi kenakalan remaja tersebut apabila tidak segera di sikapi maka akan menjadi fenomena gunung es,semakin kita biarkan akan semakin banyak baik kejadian, maupun korban kejahatan yang di lakukan oleh para remaja atau anak sekolah.

Pemerintah dan jajaran Polri berkomitmen dan telah mengambil sikap tegas,di antaranya menyatakan perang terhadap penyalahgunaan narkoba yang melibatkan remaja/anak-anak.

Karena bahaya penyalahgunaan dan peredaran narkoba di kalangan remaja/anak sekolah di tengarai menjadi awal terjadinya pelanggaran hukum atau kejahatan yang pelaku atau korbannya adalah anak remaja/pelajar.

Pemerintah melalui BNN dan Polri terus memburu dan berupaya menggagalkan serta mengungkap jaringan kejahatan narkoba,di samping kejahatan lainnya.

Untuk mengatasi permasalahan ini,Polres Pemalang dengan dukungan dari Pemerintah Daerah,serta Instansi atau Lembaga Pendidikan mulai dari SD, SMP, SMA hingga Perguruan Tinggi telah melaksanakan Binluh remaja dan kampanye anti narkoba,anti tawuran antar sekolah,anti hoax,serta anti pornografi.

Sedemikian besarnya perhatian dan dukungan dari Pemerintah,Jajaran Polri Polres Pemalang,serta pihak sekolah dan Akademisi sebagai Lembaga Pendidikan atau tempat untuk belajar menimba ilmu dan pengetahuan, seta melatih kedisiplinan dalam bentuk tingkahlaku atau perbuatan,yang kelak akan mencetak insan terpelajar.

Semua itu tidak lepas dari peranan serta pengorbanan yang luar biasa besar dari para guru,sehingga layak apabila kita memberikan gelar sebagai pahlawan tanpa jasa,sehingga kita bisa berhasil dan sukses mencapai cita-cita dan tujuan yang kita harapkan.

Sebelum mengakhiri amanat ini,saya mengajak dan menghimbau kepada para guru dan staf/karyawan untuk senantiasa ikhlas dan sabar dalam membimbing para siswa selama melaksanakan belajar,hindari tindak kekerasan saat proses belajar mengajar,selalu adakan pendekatan persuasif dan edukatif kepada siswa/anak didik sehingga terjalin hubungan yang harmonis antara para guru dengan siswa siswi didiknya.

Selanjutnya saya berpesan kepada para siswa siswi untuk dapat di laksanakan dan dipedomani dalam kehidupan sehari-hari baik di lingkungan sekolah atau di lingkungan tempat tinggalmu,yaitu:

-Tingkatkan selalu keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa,melalui kegiatan ibadah secara rutin,selalu berbakti dan mengabdi kepada kedua orang tua,yang telah menberikan kasih sayang serta mencukupi segala kebutuhan.

-Untuk meneladani dan mematuhi serta mengikuti semua bimbingan dan arahan dari para guru di sekolah,agar kalian menjadi pelajar yang cerdas,mahir,terampil dan memiliki integritas, sehingga ilmu pengetahuan yang di dapatkan dapat bermanfaat untuk Agama,Bangsa dan Negara.

-Hendaknya para siswa-siswi dapat menjauhi perilaku menyimpang atau melanggar hukum seperti: Aksi kekerasan dan tawuran antar pelajar,penyalahgunaan narkoba,tidak mengikuti faham radikalisme terorisme,aksi kebut-kebutan di jalan raya,menyebarkan berita bohong/hoax/ujaran kebencian serta bentuk kenakalan remaja lainnya yang merupakan benih kejahatan atau pelanggaran terhadap hukum.

-Tanamkan dalam diri kalian dan peliharalah nilai-nilai Patriotisme Kebangsaan,Cinta Tanah Air,seperti ikuti ajaran budi pekerti yang luhur dari para pahlawan pendahulu Bangsa sebagai pedoman dalam hidup bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

-Patuhi dan taati setiap peraturan dan perundang-undangan yang berlaku baik di lingkungan sekolah maupun di masyarakat,seperti disiplin masuk sekolah,tata tertib berlalu lintas,maupun peraturan atau pranata sosial di lingkungan tempat tinggalmu,sehingga dapat menjadi tauladan bagi yang lain.

-Kalian adalah calon-calon pemimpin masa depan,maka dari itu jadilah generasi muda penerus bangsa yang penuh dengan prestasi, memiliki ketrampilan, selalu inovatif,mahir dan handal serta memiliki integritas yang tinggi terhadap Pancasila,UUD 1945 dan NKRI.

“MARI KITA BANGUN BANGSA DAN NEGARA KITA, KHUSUSNYA KABUPATEN PEMALANG MENJADI LEBIH BAIK DAN MAJU”,harapnya.(Adi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini