Media Purna Polri, Tangerang – Sosialisasi pemamfaatan Dana Desa dan Pemaparan materi
Musrenbang pembangunan dan perencanaan desa yang diadakan di Aula Sekolah Tarsisius Vireta.(Sabtu/11/01/2020)

Dalam Kegiatan ini di Narasumberi oleh tiga orang dari berbagai narasumber yaitu Drs.Rooy Jhon Salamony,M.si Kasubdit Keuangan Daerah Drs.Ketut Sukadana Kabid Pemerintahan Desa Wiwid Ismuwiedarto Dit.BIKWK Ditjen Polpum Kemendagri,Binamas Polsek Pasar kemis serta dari berbagai tamu undangan lainya dari berbagai kecamatan.

Dalam kesempatan ini beliau menyampaikan materi Sosialisasi memanfaatkan Dana Desa kepada masyarakat dengan lugas, tegas dan seksama, sehingga masyarakat yang jumlahnya mencapai 100 orang inipun dapat memahami setiap materi yang disampaikan.

Kabid Pemerintahan Desa Drs.Ketut Sukadana menjelaskan perlu adanya pemahaman dan pengenalan tentang pentingnya masyarakat dalam menyampaikan aspirasi mereka didalam Musrenbang, mengingat kegiatan ini diadakan untuk menampung setiap keperluan mendesak bagi masyarakat desa.

Pada kesempatan kali ini,kami mencoba memberikan pemahaman kepada masyarakat, bahwa pentingnya untuk menyampaikan segala kebutuhan dan keperluan mereka di dalam kegiatan tahunan ini, mengingat acara ini merupakan kesempatan langka bagi masyarakat untuk bisa berdialog langsung dengan Pemerintah, baik itu perangkat Kecamatan, hingga Kabupaten tegasnya dalam dialog.

Harapannya adalah tumbuh berkembangnya kepampuan para pelayan masyarakat untuk membuat aneka proposal secara kreatif dan kemampuan melaporkannya dan bertanggung jawab.seperti diketahui bersama bahwa pemerintah pusat mengalokasikan berbagai dana yang salah satunya adalah dana desa.dana lain yang dialokasikan ke daerah Dana Bagi Hasil (DBH),Dana Alokasi Umum (DAU),Dana Alokasi Khusus Fisik ( DAK Fisik),Dana Alokasi Khusus Nonfisik,Dana Otsus,Dana Tambahan Infrastruktur,dan Dana Intensif Daerah, tambahnya.

Selain itu dalam kegiatan kali ini, juga dibahas tentang pentingnya Partisipasi Politik bagi masyarakat, agar tidak memilih pemimpin berdasarkan suapan-suapan dalam bentuk apapun, baik dalam bentuk money politic hingga bantuan dalam bentuk sembako. Selain itu juga disampaikan pentingnya untuk menjadi pemilih yang aktif, ini semua diberikan demi kepentingan pembangunan desa, baik secara Ekonomi, Politik, maupun Sosial.

“kegiatan yang bertujuan untuk membentuk masyarakat Desa yang aktif dalam mengawasi jalannya Politik dan Pemerintahan perangkat desa, baik luar maupun dalam ini pun, sebetulnya belum 100% memenuhi sasaran, karna rencana yang awalnya ingin mengupas tuntas tentang transparansi dana desa dan Bumndes huruf besar tambahin dalam kurung kepanjangannya di Desa Desa”.Imbuhnya.

Ketua Panitia Suraji Bambang Pratomo mengapresiasi agar kegiatan yang diadakan ini, dapat bermanfaat bagi pembangunan Desa dan masyarakat dapat dengan lantang menyampaikan segala aspirasi dan keperluan mereka di dalam acara Musyawarah perencanaan dan pembangunan pada tahun 2020 di depan Pemerintah setempat, agar segala kebutuhan masyarakat dapat dilaksanakan dengan baik.

(Rical S)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini