MEDIA PURNA POLRI,LAMPUNG – Selain tidak tepat sasaran Dana Bantuan Siswa Miskin Tahun 2018/KIP di sejumlah sekolah Madrasah di Lampung  Selatan,Diantaranya di SD MI AL Khairiyah Rangai tri Tunggal Lampung Selatan,Dana KIP Siswa miskin tersebut tak kunjung cair dan menjadi persoalan.

Kita sudah pertanyakan kepada kepala sekolah (Supriyadi) dan kandepag Lamsel mengenai Dana Bantuan KIP Tahun 2018 tersebut. Itu kenapa belum cair, juga?Yang lain dapet,kenapa anak saya yang dikata tidak mampu ini tidak dapet.Mereka kandepag tidak bisa memberikan keterangan,Ujar Orang Tua Siswa SD/MI AL Khairiyah,Sujaya Kepada Beberapa Awak Media,Pada Kamis (21/2/2019)di kediamannya.

“Iya,Tahun 2017 dirinya(Sujaya)menerima dana KIP melalui Tangan pihak sekolah,pihak sekolah yg membagikan dana tersebut.Istrinya,yang menerima,”Akunya Sujaya Saat diruangan Kepala Sekolah Senin (25/2).

Ia menjelaskan,Sepanjang Siswa masih sekolah di SD/MI Al Khairiyah bantuan KIP bagi siswa miskin.Secara juknis,murid miskin masih berhak menerima dan ini sebaliknya,simampu dapet, simiskin tidak dapet.

Lebih lanjut,Masih menurut Sujaya menduga,Bantuan BSM/KIP Di SD/MI itu dijadikan ajang permainan oleh Kementrian pendidikan Agama(Kandepag)Lampung Selatan dan Kepala Sekolah SD/MI Al khairiyah,ada permainan Kongkalikong Antara Kandepag dan disekolah Madrasah lainnya Seperti di SMP MTS Guppi Babatan hal serupa kasusnya,”Ungkap Seorang Wali Siswa miskin,Sujaya.

Saat di SD/MI Alkhairiyah Kholil Selaku Kordinator Pengawas Madrasah Sekabupaten Lampung Selatan,saat diwawancara Sejumlah media,Kholil mengatakan banyaknya bantuan BSM/KIP Tak kunjung cair.Ada beberapa sekolah madrasah yah di Candipuro mutlak tidak dapat bantuan sama sekali,karena datanya ganda,banyak yang tidak dapet,”Ucap dia seraya menutupi Data SD/MI Alkhairiyah.

“Bantuan KIP Itu ada dua,Ada bantuan KIP dari Kandepag dan Bantuan KIP dari Dinas Sosial Lampung Selatan.Kalau antum-antum dari media bertanya KIP kenapa belum cair,dengan keberadaan media mempertanyakan kip itu Saya senang sekali.Silahkan anda muat,mudah-mudahan kip bisa cair untuk tahun 2019.Kalau di SD/MI Al Khairiyah Cair atau belum saya kurang tahu,”Kilah Kordinator pengawas madrasah Se’lampung Selatan,Kholil.

Saat ditanya sejumlah media,Supriyadi Kepala Sekolah SD MI/AL Khairiyah tidak bisa menjelaskan kenapa Dana Bantuan Salah satu Siswa miskin/KIP Tahun 2018 Tak kunjung cair.Saya harus pakai lap top dulu pak,karena menurut Supriyadi Datanya ada di Laptop kebetulan Laptop tersebut dibawa oleh anaknya,Jadi saya tidak bisa jelaskan,”Kilah Supriyadi Kepada Beberapa Awak Media diruangan kerjanya,Senin (25/2).

Dikatakan Supriyadi,Dari data 130 Siswa SD/MI Al Khairiyah yang diajukan ke Kandepag Lamsel Itu sebanyak 130 orang siswa semua saya ajukan tetapi yang mendapat cuman 71 orang dari 130 Siswa yang diajukan,”Ucap dia.

Lebih lanjut terkait Dana Bantuan Siswa miskin/KIP,anak Saudara Sujaya untuk tahun 2018 dia(Anak Sujaya)tidak dapet.Padahal sebelumnya dapet,alasan dia menurut orang pendidikan Madrasah yah Irfan yang dikandepag Lampung Selatan,itu yang mengeluarkan Datanya dari pusat(Kementrian Pendidikan Agama).”Kelitnya Supriyadi, diruangan kerjanya.

Saat ditanya Sejumlah Media Apakah Pihak sekolah sudah mengkroscek kebawah,terkait kebenaran Data Penerima KIP.Yang benar-benar miskin.Atau kategori mampu.”Supriyadi tidak dapet menjelaskan.Karena menurut Supri banyak seperti disekolah lain yang tidak dapet bantuan KIP,”Kelit Supri.(Suwandi Media Purna Polri)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini