MEDIA PURNA POLRI,TALIABU- Satu per satu kasus dugaan Politik Uang (Money Politic) yang dilakukan oleh tim pemenang Cagub dan Cawagub Abdul Gani Kasuba- M. Al Yasin Ali (AGK-YA), pada malam hari H-1 Pemungutan Suara Ulang (PSU), di Desa Kramat, Kecamatan Taliabu Barat, mulai terungkap.

Buktinya, hari ini Selasa (23/10/2018) tepat Pukul 10.39 Wit, Sekretariat Bawaslu yang berlokasi di Desa Wayo, Kecamatan Taliabu Barat ini telah di datangi satu orang warga desa Wayo, Muzakir Halim, untuk melaporkan salah satu tim AGK-YA Syarif alias Lasayoro yang telah memberi uang sebesar Rp 300.000 pada hari H-1 PSU pada 17 Oktober 2018.

Muzakir di periksa diruang ketua Devisi Hukum dan Penindakan Bawaslu Taliabu selama kurang lebih 1 jam. Ia pun menyerahkan barang bukti berupa uang terisi dengan amplop putih sebesar Rp 300.000 agar Bawaslu dapat menindak lanjuti pelanggaran tersebut.

“Iya Saya sendiri yang datang melapor ini dan Saya sudah diperiksa, terkait uang yang Syarif alias Lasayoro kasih ke Saya pada malam hari H-1 PSU sebesar Rp 300.000 sudah Saya berikan ke Bawaslu untuk dijadikan barang bukti dan mereka akan tindak lanjuti,” Kata pelapor Muzakir saat ditemui di kantor Bawaslu usai menjalani pemeriksaan.

Pantauan Media Purna Polri, menyebutkan Devisi Hukum dan Penindakan Bawaslu Taliabu, telah melakukan serah terima barang bukti dengan Lasti salah seorang Warga Desa Kramat, Kecamatan Taliabu Barat, yang diduga menerima uang dari Tim AGK-YA yang biasa disebut Om Ako sebesar Rp 250.000 pada malam hari H-1 pelaksanaan PSU di Desa setempat.

Bawaslu Taliabu, telah merangkum berkas laporan kasus dugaan keterlibatan dua Oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) yang tidak lain Pegawai Pemprov Maluku Utara, yang bekerja sebagai Kapala UPTD Dinas Pendidikan dan Pengajaran (Dikjar) Perwakilan Kabupaten Pulau Taliabu, dan salah seorang Pegawai di Dinas Badan Lingkungan Hidup Taliabu.

Berkas dinyatakan rangkum dan besok Rabu (24/10/2018), Bawaslu Taliabu bakal masukan berkas tersebut ke Bawaslu Provinsi untuk direkomendasikan ke KASN Pusat.(Isto)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini