MEDIA PURNA POLRI, KUKAR – Mapolres Kutai Kartanegara telah melaksanakan kegiatan Upacara Kesadaran Nasional dan Pemberian Reward yang dimaknai sebagai momentum untuk melatih tanggung jawab, memupuk jiwa Patroit, menanamkan kembali nilai-nilai dan semangat Nasionalisme pada setiap individu Anggota dan Asn Polri. Senin (19/03).

Dalam Upacara Kesadaran Nasional dan Pemberian Reward di Mapolres Kutai Kartanegara, bertindak sebagai Irup Kapolres Kutai Kartanegara AKBP Anwar Haidar,S.IK,M.SI.,  dan diikuti seluruh Pejabat Utama Polres Kutai Kartanegara (Waka Polres, Para Kabag, dan Para Kasat) serta para Kasubbag Polres Kutai Kartanegara, adapun sebagai pasukan Upacara terdiri dari Satu pleton Anggota Perwira, Satu peleton Anggota Sat Lantas, Satu Peleton gabungan Anggota Staf, Satu peleton gabungan Sat Intelkam bersama Sat Reskrim, satu peleton Sat Sabhara dan  Satu Pleton Anggota PNS.

Dalam pelaksanaan Upacara Kesadaran Nasional dan Pemberian Reward tersebut untuk Petugas Upacara ditunjuk dari Anggota Sat Reskrim Polres Kutai Kartanegara yakni sebagai Pengibar Bendera, Petugas Pembacaan Tribrata dan Catur Presetya. Dari mulai persiapan pasukan upacara, pengibaran Bendara Merah Putih, pengucapan Tribrata, Catur Prasetya dan pembacaan Janji Korp PNS tersebut berjalan dengan tertib dan lancar.

Dalam Upacara Kesadaran Nasional dan Pemberian Reward tersebut, Kapolres Kutai Kartanegara AKBP Anwar Haidar,S.IK,MSI.,  menyampaikan Amanat yang mana kegiatan Upacara Kesadaran Nasional dan Pemberian Reward yang kita laksanakan saat ini jangan dianggap sebagai kegiatan rutinitas, namun harus dimaknai sebagai momentum pelatihan tanggung jawab, memupuk jiwa patriotik, menanamkan kembali nilai-nilai dan semangat Nasional pada setiap individu Anggota Polri dan PNS Polri, ini penting untuk membangun karakter dan jati diri Polri, serta memberikan inspirasi dan motivasi bagi peningkatan semangat pengabdian kita yang dilandasi oleh Tri Brata dan Catur Prasetya.

Kita sebagai Anggota Polri telah menjalankan tugas dan peranan masing-masing, dimana hasilnya dapat kita rasakan saat ini, paling tidak dapat menjaga dan memelihara situasi dan kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat yang dinamis, sehingga memungkinkan dapat terselenggaranya aktivitas kegiatan Politik dan Pemerintahan serta berbagai aspek kehidupan masyarakat. Namun masih terdapat banyak kekurangan, baik secara kasat mata maupun yang kita rasakan. Hal ini tentunyamen had I kita perlu membuka mata dan bekerja keras, agar kekurangan yang ada dapat kita perbaiki dan kikis sedikit demi sedikit sehingga tidak menjadi gunung es yang akan menjadi bumerang bagi kita semua.

Dalam kesempatan Upacara Kesadaran Nasional dan Pemberian Reward ini, Selaku Pimpinan Polres Kutai Kartanegara menyampaikan beberapa informasi terkait perkembangan situasi Kamtibmas berdasarkan Anev Gangguan Kamtibmas tahun 2018 Polres Kutai Kartanegara yang jumlah kriminalitas cenderung menurun pada bulan Februari dibanding bulan Januari yang mana tercatat jumlah crime total 22 kasus dengan crime clerence 18 kasus dengan presentase penyelesaian sebanyak 82%.

Kapolres Kutai Kartanegara AKBP Anwar Haidar,S.IK,M.SI.,  juga mengucapkan terimakasih kepada jajaran Sat Reskrim Polres Kutai Kartanegara karena dalam kurun waktu 2 (dua) bulan terakhir dapat menekan kriminalitas diwilayah hukum Polres Kutai Kartanegara. Oleh sebab itu, Kapolres memberi Penghargaan (reward) kepada 7 Anggota Reskrim dan diwakili oleh Bripda M.Adji Adiat dan 1 orang dari Satuan Pengamanan (Satpam) Perumahan atas nama Mansur Mat Sahak yang membantu dalam pengungkapan kasus pencurian dengan pemberatan (curat) spesialis rumah kosong dan perkara curanmor dengan jumlah barang bukti sangat banyak yang berhasil diamankan. Dirinya berpesan kepada Sat reskrim untuk menjadikan pencapaian ini sebagai pemicu semangat untuk lebih giat lagi dalam melakukan pengungkapan kasus-kasus curat dan curanmor yang terjadi kelak.

Ditambahkan bahwa Sat Reskrim Polres Kutai Kartanegara telah membentuk Team Alligator (Totalitas Melindungi Dari Gangguan Dan Teror), sebagai team pemburu kejahatan dan pengungkap perkara Kriminalitas diwilayah Hukum Polres Kutai Kartanegara.

Disamping itu, Kapolres Kutai Kartanegara AKBP Anwar Haidar,S.IK,M.SI.,  meminta perhatian khusus Personil Polres Kutai Kartanegara untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat dari aksi-aksi radikal / anarkis, baik yang berdalih agama maupun masalah sosial lainnya serta meminta seluruh jajaran Polres Kutai Kartanegara untuk Proaktif dalam menghadapi tantangan tugas guna meningkatkan kepercayaan masyarakat.

Lanjutnya, perlu kita sadari tugas Polri tidak dapat dilakukan oleh Polri sendiri melainkan perlu adanya kerjasama yang baik dengan seluruh pihak terkait secara terpadu dan komprehensif, guna memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum, serta memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat.

Sebelum mengakhiri amanatnya, Kapolres Kutai Kartanegara AKBP Anwar Haidar,S.IK,M.SI.,  mengucapkan apresiasi dan terimakasih setingi-tingginya kepada seluruh Anggota yang melaksanakan kinerja Polri dengan baik, semoga pengabdian yang saudara lakukan dengan penuh keikhlasan, menjadi catatan amal baik dihadapan Tuhan Yang Maha Esa.

Upacara Kesadaran Nasional dan Pemberian Reward dengan hikmat dan tertib, para Peserta Upacara membubarkan diri dan kembali melanjutkan tugas dan fungsinya masing-masing.

Monty

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini