Media Purna Polri,Taliabu- Rapat Koordinasi Polres Kepulauan Sula (Kepsul) dengan Forkopimda Kabupaten Pulau Taliabu (Pultab) serta Instansi terkait dalam rangka persiapan menghadapi Pemilihan Gubernur Maluku Utara (Malut) 2018.

Pertemuan tersebut berlangsung di ruang aula Kantor Bupati Pultab Rabu (7/2/1018), Tepat pada pukul 10.30 Wita sampai Pukul 12.20 Wita. Hadir dalam acara pertemuan itu Kapolres Kepsul, AKBP. Jan. W I, Kejari Sanana Bania Purba, SH, MH, Kabag Ops Polres Kepsul AKP. Sinar Syamsul, Kapala Kesbang Pol Pultab Syamsudin Ode Maniwi S. ip, MM, Wakil Ketua II DPRD Partwi Nasdem Pardin Isa,Mayor Inf Poniman Danramil 1509 – 03 / Bobong, Kapolsek Taliabu Barat AKP Yusran, Ketua KPUD Pultab Sumitro Muhamadia, Ketua Panwas Pultab Adidas Latea S. Pdi, M. Pdi, Kasat Pol PP Pultab Haruna Masuku, S. P, Asisten I Pultab La.Hudia.

Kapolres Kepsul, AKBP. Jan. W I Makatita, SIK dalam sambutannya, Mengatankan , Dirinya mengharap kepada semua unsur Apkam yang tergabung dalam Forkominda dan komponen Pemda yang ada di Pultab tetap bersinergi serta agar bersatu menjaga Kamtibmas sehingga tahapan Pilgub Malut Tahun 2018 dapat berjalan aman dan tertib tanpa ada masalah. Hasil pertemuan pertama ini di Pultab menjelang Pilgub Maluku Utara Tahun 2018, akan di bahas kembali di Polda Maluku Utara pada 9 Februari 2018 untuk melaporkan memetakan kerawanan, Menentukan jumlah personel yang dibutuhkan dan anggaran yang dibutuhkan untuk personel dalam menjalankan tugas Pilkada.” Katanya.

Selain itu, Dalam paparan Kabag Ops pelaksana tugas Pilgub Malut 2018 AKP. Sinar Syamsul, Menyebutkan, Kabupapten Pultab masih menjadi Polres Kepulauan Sula dan Polsek Taliabu Barat yang sudah melakukan Persiapan Pilgub Maluku Utara Tahun 2018, Serta Polri sudah mempersiapkan Operasi Matap Praja Tahun 2019 yang berlaku mulai 18 Januari 2018 sampai dengan Pelantikan Gubernur Maluku Utara terpilih nanti. Menjelang perkembangan tahapan Pilkada ini yakni pencabutan nomor urut Paslon Pilgub Maluku Utara sudah perlu melakukan kesiapan secara matang, Dan nantinya Polisi menyiapkan 1 TPS terdapat 1 Polisi dan 2 Linmas,”Jelasnya
“Jumlah personel keamanan dari Polres Kepulauan Sula dan Polsek Taliabu menyiapkan sebanyak 101 personel dan dari Polda Maluku Utara sebnyak 35 Personel jadi total jumlahnya 136 Personel serta tambahan dari Brimob 35 Personel.

Saya juga akan menempatkan Personel Polisi disetiap Kantor Panwas, Kantor KPU, Apabila ada rumah Paslon Pilgub Maluku Utara di wilayah Pulau Taliabu juga akan dipersiapkan penjagaan, Serta pengamanan setiap adanya kampanye terbuka dan sosialisasi dengan masyarakat Polisi akan mengamankan minimal 2 sampai 4 Personel dijaga selama 24 jam. Dan perlu diperhatikan timbulnya konflik saat berjalannya Pilkada biasanya yaitu jumlah DPT, Dan belum melakukan E-KTP serta kurang profesional Penyelenggara Pilkada sehingga pihak terkait perlu mencermati.” ujar Samsul

Ditambahkan oleh Bupati Pulau Taliabu H.Aliong Mus yang diwakil Sekretaris Daerah (Sekda), Dr. Salim Ganiru bahwa Kegiatan pertemuan bersama Kapolres Kepulauan Sula ini, Guna melaksanakan sharing dengan jajaran terkait serta dengan Penyelenggara Pemilu yakni KPU dan Panwas guna mengetahui seberapa jauh kesiapan dan apa yang perlu di waspadai menjelang Pilgub Maluku Utara Tahun 2018. Tak hanya itu, Adapun masalah nantinya kedepan yang terjadi dilapangan menjelang Pilgub Maluku Utara hendaknya sudah di antisipasi melalui pertemuan ini dan dapat mencegah maupun meminimalisir kejadian.

“Saya harapkan kepada semua unsur ASN agar tidak terlibat politik praktis, Apabila PNS berpolitik keluar dari PNS. Kami mendukung apapun yang menjadi masalah, Kita akan membantu yang penting kita berkordinasi dengan baik.”Pintanya.

Selain itu, Ketua KPUD Pultab, Sumitro Muhamadia, S Pd, Kata dia KPUD Pultab berjalan dengan baik partisipasi Pemilu, Salah satunya adalah daya pemilih dan ini adalah mencapai taget.Pemutahiran data hasil singkron data Dukcapil sampai saat ini masih ditemukan penduduk yang belum memiliki e-KTP atau Surat Keterangan (Suket) yang di keluarkan dari Dukcapil, Karena kali ini sudah tidak dapat lagi surat keterangan dari Kepala Desa. Agar dapat partisipasi bisa meningkat dalam Pilgub Malut 2018 ini, Diharapkan Dukcapil turun ke tingkat Kecamatan untuk melakukan perekaman, Karena masyarakat yang jauh transportasi jalan dan mungkin orang yang sudah tua datang ke Kantor Dukcapil untuk itu Dukcapil harus pro aktif jemput bola, Saran ketua KPUD Pultab ini.
Ketua Panwas Pultab, Adidas Latea S. Pdi,Panwas akan melakukan kegiatan sosialisasi dalam rangka menjaga netralitas Pegawai Negeri Sipil (PNS) di wilayah Pultab, Apabila PNS sudah netral, Kepala D1esa, BPD sudah netral.
Mayor Inf Poniman (Danramil 1509 – 03 / Bobong), Pihaknya siap memberikan bantuan Personel pengamanan di Kab. Pulau Taliabu, Dan kedepan akan ada bantuan Personel dari Kodim dan Korem untuk Pilgub Maluku Utara Tahun 2018 di wilayah Pulau Taliabu, Namun menjadi kendala di Koramil untuk memonitor wilayah di Taliabu yang transportasi jalan darat belum tersambung antar kecamatan, Maka alangkah baiknya kita diberi pinjaman spead boat untuk memonitor wilayah,(Ciko/Isto)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini