Banyuwangi,MPP – Warga di Kawasan Pal 7 Dusun Karangrejo Selatan, Desa/Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi kini tak lagi khawatir kekurangan air ketika kemarau tiba. Daerah ini memang terdata sebagai kawasan yang rawan kekeringan.

Kini mereka memiliki tambahan sumur bor yang bisa dimanfaatkan sewaktu-waktu. Sumur ini merupakan hibah dari Polresta Banyuwangi.

Sumur bor ini akan memasok air bersih untuk 135 kepala keluarga yang ada di wilayah itu.

Kapolresta Banyuwangi, Kombespol Nanang Haryono datang langsung memantau pemasangan instrumen sumur bor di lokasi, Rabu (13/6).

Bahkan mantan Kapolres Tuban ini juga ikut terjun melakukan pemasangan pipa bersama masyarakat.

“Tujuan kita pasang sumur bor ini untuk bantu masyarakat yang ada di Dusun ini,” kata Nanang.

Dijelaskannya, Dusun Karangrejo Selatan ini berada di ketinggian 500 meter diatas permukaan laut. Sumur bor yang dibuat memiliki kedalaman 135 meter. Wilayah ini merupakan wilayah tadah hujan. Sehingga masyarakatnya mengandalkan air untuk pertanian dari air hujan.

“Sebelum ada sumur ini, warga mendapat air dari wilayah Wonolestari, sekitar 3 km lebih dari sini. Jadi jauh sekali warga harus mendapatkan air bersih,” katanya.

Sumur bor ini, lanjutnya akan menyuplai 150 kepala keluarga yang tinggal di Dusun Karangrejo Selatan. Air dari sumur ini juga bisa dimanfaatkan warga sekitar.

“Semoga pompa air ini bisa dipakai dan bermanfaat bagi masyarakat,” katanya.

Nanang menyebut, setelah sumur tersebut berfungsi, pengelolaannya akan diserahkan sepenuhnya kepada pihak Pemerintah Desa setempat.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Desa Wongsorejo, Abdul Bakar menyatakan, sebelum adanya sumur ini, warga setempat mendapatkan air bersih dari sumur bor di wilayah Wonolestari. Sehingga keberadaan sumur bor ini akan sangat membantu masyarakat.

“Sumur bor ini sangat membantu sekali. Sebagai Kepala Desa kami ucapkan banyak terima kasih,” ungkapnya.

Ag94

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini