PurworejoLabura,MPP – Hari Jum’at adalah hari yang penuh berkah bagi umat Muslim. Di tengah semaraknya ibadah dan kegiatan keagamaan, Pemerintah Desa (Pemdes)Purworejo , Kecamatan Aek kuo, Kabupaten Labura, menjadikan hari Jum’at sebagai momen untuk membangun kesadaran akan pentingnya kebersihan dan keindahan lingkungan.

Pada Jum’at, tanggal 24 Mei 2024, kepala desa beserta perangkat desa Purworejo turun langsung didusun II untuk melaksanakan “Jum’at Bersih”.

Kegiatan Jum’at Bersih tersebut dilakukan di sekitar lingkungan desa, dimulai dengan membersihkan rumput yang telah tumbuh di sekitar area lingkungan desa.Tidak hanya itu, kepala desa Purwo Rejo Ruslan juga juga memimpin tim dalam kegiatan membersihan saluran air yang mengganggu berhalangan jalan air disekitar lingkungan di desa purwo Rejo tersebut.Dengan semangat gotong royong,para perangkat desa dan warga setempat ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini.Selain membersihkan rumput dan menebang ranting pohon, tim yang terdiri dari kepala desa, perangkat desa, dan masyarakat juga melakukan pembersihan selokan yang menjadi jalur pembuangan air di sekitar lingkungan Dusun II Tersebut.

Mereka membersihkan selokan dari sampah dan material lainnya yang dapat menyumbat aliran air.Upaya ini bertujuan untuk mencegah terjadinya genangan air yang bisa menjadi tempat berkembang biaknya penyakit dan juga menghindari banjir saat musim hujan tiba.

Kepala desa Purworejo,Ruslan menyampaikan pentingnya kegiatan Jum’at Bersih ini dalam meningkatkan kesadaran dan kepedulian warga terhadap kebersihan lingkungan.Ia menyatakan, “Kebersihan adalah sebagian dari iman,dan dengan menjaga kebersihan lingkungan, kita turut menjaga kesehatan dan kenyamanan bagi seluruh masyarakat.” Ujarnya

Kegiatan Jum’at Bersih ini mendapatkan apresiasi dari warga sekitar dan juga Pemerintah Kabupaten Labura.Melalui inisiatif seperti ini,diharapkan kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan akan semakin tumbuh di masyarakat. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi ajang mempererat tali silaturahmi antara perangkat desa dan warganya, serta menguatkan semangat gotong royong dalam membangun desa yang lebih baik.

Dengan harapan bahwa kegiatan Jum’at Bersih ini akan menjadi tradisi yang terus dilaksanakan, Pemdes Purworejo,kecamatan Aek Kuo kabupaten Labura,berkomitmen untuk terus memperhatikan dan mengedukasi masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. Semoga langkah kecil ini dapat memberikan dampak besar dalam menciptakan desa yang bersih, sehat,dan nyaman.

( J.h.siringo – ringo )

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini