Bandung MPP — Abah Tarwan (alm), dikenal oleh masyarakat sekitar kecamatan Cijerah, Kota Cimahi, karena kegigihannya memperjuangkan hak layanan kesehatan gratis untuk masyarakat, khususnya di daerah sekitar tempat beliau tinggal. Meski sudah berumur, pada saat masih hidup, Abah Tarwan rajin membaktikan dirinya untuk mengikuti, dan bahkan menyelenggarakan kegiatan-kegiatan bakti sosial terapi kesehatan Gratis, bersama Fun Terapis_Herbalis.

Tak hanya mengobati pasien secara gratis, Abah Tarwan juga bahkan rela mengeluarkan ongkos dari sakunya sendiri, untuk menjamu pasien-pasien tersebut dengan suguhan alakadarnya, dan juga rela menempuh perjalanan yang cukup jauh, untuk mengikuti baksos di tempat-tempat lain.

Setiap hari rabu, Abah Tarwan dan FTH, menerima puluhan pasien, yang kemudian ditangani dengan praktik-praktik terapi kesehatan tradisional, yang terbukti bisa mengurangi penderitaan pasien, meningkatkan quality of life pasien, dan bahkan juga tak terhitung jumlah pasien yang benar-benar sembuh dari penyakitnya.

Bahkan, saking cintanya Abah Tarwan pada perjuangannya mewujudkan layanan kesehatan gratis untuk Masyarakat, Abah Tarwan pun wafat karena kelelahan, pada saat tengah melaksanakan baksos lebih dari 1 tahun lalu.

“Meski sudah wafat lebih dari 1 tahun lalu, Alhamdulillah justru semakin banyak terapis yang terinspirasi untuk melanjutkan perjuangan Abah Tarwan.” Ungkap Budi Sugiarto, Ketua FUN Terapis_Herbalis Kota Cimahi, yang rutin melanjutkan Bakos setiap hari rabu di kediaman Abah Tarwan.

“Masyarakat banyak yang bersyukur karena merasa tertolong, kami para Terapis kesehatan tradisional pun merasa terinspirasi sebab keahlian yang kami miliki, memang sepatutnya dipergunakan untuk memberi manfaat pada sebanyak-banyaknya orang hari ini.” Lanjut Budi.

Budi menjelaskan, untuk mengenang dan melanjutkan perjuangan Abah Tarwan ini lah, pada momen yang masih belum terlalu jauh dari hari lebaran, Budi dan FTH menyelenggarakan Halal bi Halal dan Bakti Sosial FTH di kediaman Abah Tarwan, dengan mengundang tokoh-tokoh Masyarakat, termasuk Camat dan juga jajaran Forkopimcam lainnya.

“Alhamdulillah, acara halal bi halal mengenang Abah tarwan hari rabu lalu berjalan dengan sangat lancar. Pak Camat bersama jajaran Forkopimcam juga turut hadir dan mengapresiasi adanya baksos rutin tiap hari rabu ini. Kedepannya pihak kecamatan akan terus mendukung diselenggarakannya bakti sosial seperti ini insya Allah.” Tutur Budi kepada Wartawan, Jum’at (24/5/24).

Budi menjelaskan, bahwa pihaknya, bersama komunitas FTH di 6 Titik saat ini di seluruh Jawa Barat, tidak akan berhenti melanjutkan semangat Abah Tarwan memperjuangkan layanan kesehatan gratis untuk masyarakat.

“Alhamdulillah, sampai dengan saat ini, Baksos sudah rutin diselenggarakan setiap hari rabu di 6 Titik di seluruh Jawa Barat, diantaranya di Cimahi, Sumedang, Garut, Lembang, Kab. Bandung, dan juga Kota Bandung. Kota/Kabupaten lain juga sudah banyak yang meminta untuk juga bisa turut menyelenggarakan.

Selain itu kami juga biasa menyelenggarakan baksos di acara-acara dan kegiatan pemerintah, Kodam III/Siliwangi, dan juga Polda Jawa Barat. Bulan Juli ini insya Allah kami juga akan menyelenggarakan Festival Terapis Herbalis ke 2, dimana di dalamnya akan ada Baksos Akbar yang diisi oleh 1000 orang Terapis dari seluruh Bandung Raya, insya Allah.” Pungkasnya.
( Wahyu/Ahmad )

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini