Lontar, MPP – Dalam rangka meningkatkan pemahaman siswa mengenai proses pembangkitan listrik dan pentingnya energi, SMPIT Al-Biruni mengadakan kunjungan edukatif ke Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) milik PT PLN Indonesia Power UBP Banten 3 Lontar. Kunjungan ini diikuti oleh delapan belas siswa dan didampingi oleh tiga orang guru pembimbing.

Dalam sambutannya, Dian Agus selaku kepala sekolah sekaligus ketua pelaksana program menyampaikan pentingnya edukasi mengenai energi kepada generasi muda. ”Terima kasih atas dukungan dan sambutan UBP Banten 3 Lontar kepada kami. Ini pertama kalinya kami berkunjung ke industri. Kami mengadakan kunjungan edukatif ini agar peserta didik tidak hanya belajar secara teoritis saja di sekolah, tapi juga dapat melihat langsung praktiknya di lapangan. Syukur-syukur, kedepannya para siswa bisa melanjutkan kinerja yang telah bapak/ibu kerahkan untuk kepentingan banyak umat di PLTU.”

Kegiatan yang berlangsung sejak pukul 09.00 sampai 12.00 bertujuan untuk memberikan wawasan praktis kepada siswa mengenai cara kerja PLTU serta peran pentingnya dalam penyediaan listrik. Rangkaian kegiatan dimulai dengan penyampaian materi sistem kerja pembangkit listrik oleh Daniel Sidabutar selaku Asisten Manajer Perencanaan dan Pengendalian Pemeliharaan Operasi.

Sesi tersebut berjalan dengan penuh antusias dan interaktif. Fathan, salah satu siswa yang hadir menyampaikan ketertarikannya melalui pertanyaan bagaimana cara penanganan limbah batu bara atau fly ash bottom ash (FABA). Daniel Sidabutar menjelaskan bahwa FABA hasil sisa produksi listrik kemudian dimanfaatkan kembali menjadi bahan produksi beton precast, paving block, batako, tetrapod, stabilisasi lahan, hingga substitusi media tanam pada budidaya labu madu yang dilakukan oleh kelompok mitra binaan UBP Lontar. Pendistribusian pemanfaatannya pun sebagian besar diperuntukan bagi masyarakat sekitar perusahaan.

Para siswa juga diajak berkunjung melihat langsung proses produksi listrik ke dalam area pembangkit. Mereka melihat langsung bagaimana proses dihasilkannya listrik dan bagaimana penerapan teknologi yang digunakan untuk mengontrol dan menjalankan operasional PLTU, bahwa dalam prosesnya pun terdapat risiko dan tantangan yang dihadapi oleh para pegawai perusahaan.

Melalui kunjungan ini, para siswa SMPIT Al-Biruni diharapkan mendapatkan pemahaman yang lebih komprehensif tentang pentingnya energi yang dapat mendukung kegiatan sehari-hari dan dapat menumbuhkan kesadaran lingkungan bahwa setiap langkah kecil yang diambil dalam menghemat energi, sangat berarti bagi keberlanjutan lingkungan planet yang kita tinggali.

Narahubung: Farid Setiawan

Assistant Manager Umum

PT PLN Indonesia Power UBP Banten 3 Lontar

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini