Murung Raya,MPP – Pemerintah Kabupaten Murung Raya menggelar acara pembukaan Pelatihan Tenaga Teknis Pengelolaan Lampu Tenaga Surya (PLTS, LTSHE, dan PJU TS) pada hari ini. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan teknis pengelolaan dan pemeliharaan lampu tenaga surya di desa-desa yang telah dan akan menerima bantuan tersebut.

Acara dibuka oleh Kabag sekda Mura
Bidang energi dan SDA Kabupaten Murung Raya,
Jayadi Y Dadi, dengan sapaan hangat Jayadi membuka acara pelatihan untuk mewakili PJ Bupati Mura dan membacakan sambutan dari Pj. Bupati Murung Raya (Mura), Dr. Drs Hermon, M.Si, yang mengucapkan puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas kesempatan berkumpul dalam keadaan sehat untuk melaksanakan pelatihan ini. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan rasa hormat dan terima kasih kepada para narasumber dari Kementerian ESDM RI, Kepala Dinas ESDM Provinsi Kalimantan Tengah, Ketua DPRD Kabupaten Murung Raya, serta para undangan dan peserta pelatihan.

“Kami berterima kasih atas kehadiran para narasumber dari Kementerian ESDM RI dan PT. Santini Lestari Energi Indonesia. Kami berharap pelatihan ini akan memberikan pengalaman teknis yang bermanfaat bagi peserta dalam penanganan, pengelolaan, dan pemeliharaan lampu tenaga surya di desa masing-masing,” ujar Hermon.

Kondisi geografis Kabupaten Murung Raya yang kompleks membuat sebagian besar desa sulit dijangkau oleh jaringan listrik PLN. Oleh karena itu, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah melalui Dinas ESDM memberikan bantuan PLTS berupa Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE). Pemerintah Kabupaten Murung Raya juga memberikan bantuan serupa untuk fasilitas umum dan penerangan jalan umum melalui program Bagian Perekonomian dan SDA Sekretariat Daerah Kabupaten Murung Raya.

Hermon mengungkapkan, bantuan LTSHE dari Program ESDM Provinsi Kalimantan Tengah telah diberikan kepada beberapa desa, seperti Desa Tumbang Masao pada tahun 2022, dan Desa Kelapeh Baru, Telok Julo, serta Tumbang Tuan pada tahun 2023. Untuk tahun 2024, sebanyak 3.345 unit LTSHE direncanakan akan didistribusikan ke 24 desa yang tersebar di empat kecamatan.

Selain itu, Pemerintah Daerah Kabupaten Murung Raya juga merencanakan bantuan LTSHE untuk beberapa desa dan penerangan jalan umum pada tahun 2024. Desa-desa yang akan menerima bantuan ini antara lain Muara Babuat, Pantai Laga, Baratu, Takajung, Tumbang Olong I dan II, Tumbang Molut, serta Olong Liku.

“Pelatihan ini diharapkan dapat menghasilkan tenaga teknis yang mampu menangani kerusakan PLTS/LTSHE/PJU TS di desa masing-masing, sehingga tidak perlu mengundang tenaga teknis dari luar. Dengan adanya bantuan lampu tenaga surya ini, diharapkan dapat memberikan penerangan yang cukup untuk menunjang aktivitas warga di malam hari, terutama bagi anak-anak yang bisa belajar dengan baik dan meningkatkan kualitas pendidikan mereka,” lanjut Hermon.

Mengakhiri sambutannya, Hermon menyatakan secara resmi membuka pelatihan ini dengan harapan pelatihan tersebut dapat berjalan lancar dan memberikan manfaat maksimal bagi para peserta dan masyarakat Kabupaten Murung Raya.

“Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Syalom, Om Santi, Santi, Santi Om. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan kekuatan dan perlindungan kepada kita semua dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab kita masing-masing,” tutup Jayadi mengakhiri sambutan PJ Bupati Mura.(M.Ilmi).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini