Kampung Pajak-Labura – Banyak nya keluhan yang diterima dari para orang tua/wali murid terkait mahal nya biaya kelulusan di Sekolah tahun ajaran 2023-2024 di Kabupaten Labuhan Batu Utara, memaksa Ketua DPC LSM Pemantau Kinerja Aparatur Negara Indonesia (PENJARA INDONESIA) angkat bicara, Sabtu (18/5/2024)

Ketua DPC LSM Penjara Indonesia Kabupaten Labuhan Batu Utara Julhadi Simanjuntak mengecam keras Dinas Pendidikan Labuhan Batu Utara karena banyaknya pihak Sekolah yang mematok kan biaya kelulusan dari Rp. 500.000,- hingga Rp.1.500.000,-/murid, “kami dari DPC LSM Pemantau Kinerja Aparatur Negara Indonesia sangat-sangat menyesalkan dengan biaya kelulusan anak sekolah yang ada di Kabupaten Labuhan Batu utara”, ucapnya.

Lanjutnya, “dari laporan yang kami terima, ada beberapa sekolah di daerah Labuhan Batu Utara ini yang mematok kan biaya kelulusan mulai dari Rp.500.000,- hingga Rp. Rp. 1.500.000,-/murid seperti di TK. SEMANGAT yang berada di Dusun VII Gambangan Desa Aek Korsik Kecamatan Aek Kuo, para orang tua wali murid harus berfikir keras untuk membayar biaya kelulusan anak nya sebesar Rp. 700.000,- hal yang serupa juga terjadi di Yayasan Islam Terpadu Al’Mubarak Kampung Pajak Kecamatan NA IX-X dimana para orang tua wali murid harus membayar biaya kelulusan anak mereka sebesar Rp. 1.500.000,-/murid”, tuturnya.

Hal tersebut tertuang dalam Surat Edaran Kemendikbudristek Nomor 14 Tahun 2023 seperti yang di kutip dari laman resmi @kemdikbud.ri menegaskan bahwa, Sehubungan dengan fenomena dan budaya kegiatan wisuda yang dilaksanakan pada satuan pendidikan anak usia dini, satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar, dan satuan pendidikan jenjang pendidikan menengah, dengan hormat kami menghimbau Saudara untuk:
Memastikan satuan pendidikan anak usia dini, satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar, dan satuan pendidikan jenjang pendidikan menengah di wilayah kerja Saudara tidak menjadikan kegiatan wisuda sebagai kegiatan yang bersifat wajib dan pelaksanaan kegiatan wisuda tidak boleh membebani orang tua/wali peserta didik.

Memastikan bahwa kegiatan pada satuan pendidikan anak usia dini, satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar, dan satuan pendidikan jenjang pendidikan menengah di wilayah kerja Saudara melibatkan Komite Sekolah dan orang tua/wali peserta didik sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 75 Tahun 2016 tentang Komite Sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi dan Kepala Dinas Kabupaten/Kota agar melakukan pembinaan kepada seluruh satuan pendidikan di wilayahnya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan kualitas layanan kepada peserta didik.

“Dalam hal ini, kami dari DPC LSM PENJARA INDONESIA Kabupaten Labuhan Batu Utara, meminta kepada Kepala Dinas Pendidikan, untuk dapat menerapkan serta menjalankan Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek No.14 Tahun 2023 tentang fenomena dan budaya wisuda dan menindak tegas para oknum yang mengambil kesempatan dalam kesempitan demi meraup keuntungan pribadi tanpa memikirkan bagaimana susah nya para orang tua/wali murid mencari biaya tersebut dan kami juga berharap agar biaya yang telah di bayarkan oleh orang tua/wali murid segera dikembalikan karena menurut kami, itu adalah pungli”, pungkasnya.

(hr.sihite)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini