Palembang MPP – Kepala Seksi Perencanaan Korem 044/Gapo Kolonel Arh Sugiri selaku Inspektur Upacara memimpin jalannya Upacara Bendera 17 Mei 2024, bertempat di Lapangan Apel Makorem 044/Gapo Jl. Jenderal Sudirman Km. 4 Kota Palembang, Jumat (17/5/2024).

Pada kesempatan tersebut, Kasiren Korem 044/Gapo membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc.

“Kita telah melewati pesta demokrasi akbar Indonesai tahun 2024 yakni pelaksanaan Pilpres dan Pileg serentak pada Februari lalu yang berjalan dengan lancar dan aman,” ucap Kasad.

“Tidak ada hal yang menonjol terkait keterlibatan TNI AD dalam kontestasi politik tersebut. Ini membuktikan bahwa segenap komponen TNI AD sadar dan menjunjung tinggi Netralitas TNI dalam Pemilu serta melaksanakan tugas secara proporsional dan profesional,” lanjutnya.

“Namun demikian, masih terdapat persoalan-persoalan yang memerlukan kewaspadaan kita untuk tetap mengawal dan membantu terjaganya stabilitas dan kehidupan sosial masyarakat yang kondusif di seluruh wilayah tanah air, seperti pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih pada bulan Oktober dan Pilkada serentak bulan November mendatang,” tambahnya.

Pada Bulan April, TNI AD melaksanakan Apel Komandan Satuan (AKS) 2024, yang bertujuan untuk menyamakan pola pikir antara pimpinan dan anggota.

“Hal ini dilakukan untuk meningkatkan efektivitas dan produktivitas kinerja satuan, serta peningkatkan professionalisme prajurit dalam mendukung tugas pokok TNI AD. Pokok-pokok kebijakan yang telah disampaikan pada kesempatan apel tersebut menjadi pedoman bagi kita semua dalam menavigasi organisasi TNI AD,” katanya.

Lanjut Kasad pada amanatnya, “Profesionalisme dalam melaksanakan setiap tugas adalah cerminan dari dedikasi kita untuk bangsa dan negara. Lebih dari sekedar menjaga pertahanan dan keamanan, kita juga memainakan peran vital dalam kontribusi nyata untuk kesejahteraan masyarakat dan kemajuan peradapan Indonesia,”.

Kasad juga mengatakan, harus senantiasa menjadi contoh tauladan yang baik dalam pemberdayaan dan pengembangan masyarakat, memastikan bahwa setiap langkah yang kita ambil membawa kemajuan bagi bangsa dan negara.

Pada kesempatan upacara itu pula, Kasad mengatakan, “Penyiapan prajurit yang akan melaksanakan tugas operasi, penting agar mereka disiapkan dengan maksimal dan dilatih dengan benar untuk memastikan personel TNI AD memiliki kemampuan yang diharapkan. Kesiapan fisik dan mental adalah kunci, karena kesiapan satuan untuk melaksanakan tugas berawal dari kesiapan para prajuritnya,”.

“Program unggulan TNI AD, seperti TNI Manunggal Air dan ketahanan pangan, merupakan inisiatif vital yang mendukung usaha pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya.(imron)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini