Pontianak Kalbar – Dirpolairud Polda Kalbar Kombes Pol Raspani. S.I.K yang didampingi oleh PJU Ditpolairud dan Bhayangkari Ditpolairud Polda Kalbar menggelar sharing The Power Of Silaturahmi Sharing Komunikasi Dan Motivasi Tanatangan Tugas Polairud Polda Kalbar Dimasa Sekarang dan Mendatang, jumat (17/05).

Bertempat di aula Ditpolairud Polda Kalbar jalan Khatulistiwa Pontianak kegiatan ini diikuti 100 Personel Ditpolairud Polda kalbar dan sebagai pemateri yakni Dr. Aqua Dwipayana yang merupakan pakar Komunikasi dan Motivator Nasional.

kegiatan ini di inisisasi oleh bapak Kakorpolairud melalui program beliau, karena beliau Pak Dr. Aqua adalah utusan dari Pak Kakor, sehingga memang program ini adalah Inisiasi Pak Kakor dan menjadi program korpolairud .

Direktur Polairud Polda Kalbar Kombespol Raspani menyampaikan saat Kalbar memiliki wilayah perairan yang luas dengan berbagai ancaman gangguan Kamtibmas yang tinggi.

“wilayah perairan Kalbar ada yang berbatasan Jawa, Sumatera, dan ada Negara tetangga Malaysia, sehingga ini memiki potensi kerawanan yang tinggi, dan selalu kami jaga,” tuturnya.

Dengan adanya Kegiatan ini, bertujuan agar dapat menjadi motivasi bagi para anggota dalam menjalankan tugasnya dengan lebih baik serta profesional. Bisa menjadi kotivasi untuk bekerja secara Ikhlas, tuntas dan penuh kualitas.

Kemudian, Dr. Aqua Dwipayana menyampaikan bahwa Ditpolairud Polda Kalbar memiliki prestasi yang baik dengan berada pada peringkat ke dua dengan pengungkapan kasus terbanyak.

“Artinya apa kita bisa melihat anggota luar biasa hebat, dan itu tidak terlepas dari peran pimpinan, untuk menghadapi berbagai kondisi dan tantangan yang ada yang utama adalah memperbaiki kemampuan komunikasi,” ujarnya.

Gaya komunikasi yang baik adalah komunikasi yang fleksibel , walaupun terdapat leveling dalam jabatan.

“Komunikasi itu harus sejajar, setiap orang tidak boleh merasa lebih tinggi daripada orang lain,” tuturnya.

Komunikasi menjadi sangat penting bagi suatu organisasi dalam menyelesaikan program kerja yang ada, sehingga setiap orang harus saling berkomunikasi dengan gaya yang baik.

Dalam pemaparannya, Dr. Aqua menyampaikan agar selalu menggunakan hati dalam berkomunikasi, karena kata – kata yang tulus dan penuh empati akan selalu mencapai hati seseorang.

“Keuntungan memiki komunikasi yang baik dapat mencegah dan menyelasaikan konflik, dapat meningkatkan kesepahaman, menuntaskan masalah dan meningkatkan produktivitas,” tuturnya.

Kemudian, pada seluruh personel Ditpolairud Polda kalbar, ia menyampaikan dalam bekerja harus senantiasa mengingat 4 As dalam menjalankan tugas.

Pertama kerja Ihlas, lalu kerja cerdas, kerja keras, dan kerja tuntas.

“4 AS ini tidak hanya mudah diucapkan, tetapi juga mudah untuk dilakukan, hanya perlu konsisten untuk dapat menerapkannya,” tuturnya.

Lalu, dirinya pun berpesan khusus anggota Polri bahwa dukungan keluarga sangat penting dalam menjalankan tugas.

“Ibu – ibu Bhayangkari juga perannya luas biasa, semua tantangan bisa di urai dan dihadapi dengan tuntas,”terangnya. ( Indra)

Kombes Pol Raden Petit Wijaya, S.I.K., M.M. Kabidhumas Polda Kalbar

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini