Murung Raya,MPP – Pemerintah Desa Tumbang Jojang, yang terletak di Kecamatan Seribu Riam, Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah, telah mengambil langkah progresif dengan mengalokasikan Dana Desa untuk memajukan potensi ekonomi dan ketahanan pangan masyarakatnya melalui kegiatan budidaya itik petelur.

Kepala Desa Tumbang Jojang, Thomas, S.A.P., menjelaskan alasan di balik pilihan mereka untuk mengembangkan budidaya itik petelur. Menurutnya, keputusan ini diambil karena masih terdapat kekurangan pasokan telur itik dari beberapa daerah di Kabupaten Murung Raya.

“Kami melihat potensi besar dalam budidaya itik petelur. Telur merupakan kebutuhan pokok masyarakat, dan kami sering melihat pasokan telur itik dari luar daerah, termasuk Desa Tumbang Jojang dan Kota Puruk Cahu,” ujarnya pada hari Minggu, 28 April 2024.

Diharapkan dengan memulai budidaya itik petelur, Desa Tumbang Jojang dapat memenuhi kebutuhan telur lokal dan meningkatkan pendapatan melalui penjualan hasil budidaya ke daerah lain.

“Selain meningkatkan ketahanan pangan, produksi telur juga akan membantu meningkatkan pendapatan keluarga. Tujuan dari budidaya itik petelur ini adalah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, sehingga diharapkan dapat mengurangi tingkat kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan di masa depan,” jelas Thomas.

Sebelumnya, pemerintah desa telah menyelenggarakan pelatihan budidaya itik petelur bekerja sama dengan Dinas Pertanian.

“Melalui pelatihan ini, kami berharap masyarakat Desa Tumbang Jojang akan terampil dalam pemeliharaan itik petelur dan aspek-aspek terkait sehingga budidaya ini berhasil,” tambahnya.

Sebagai langkah lanjutan, pemerintah desa akan memberikan bantuan bibit kepada kelompok budidaya itik petelur, dengan total 500 ekor yang akan diserahkan kepada 147 kepala keluarga.

“Kami akan terus memantau kesehatan dan perkembangan bibit yang telah kami berikan kepada masyarakat Desa Tumbang Jojang, bekerjasama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Murung Raya,” kata Thomas.(M.Ilmi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini