Murung Raya,MPP – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Murung Raya (Mura) terus mengambil langkah konkret dalam meningkatkan kualitas lingkungan belajar di daerah tersebut. Salah satu upaya terbaru yang dilakukan adalah melalui kegiatan Perencanaan Berbasis Data (PBD) dan Survei Lingkungan Belajar untuk Kepala Sekolah/Operator Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di Kabupaten Murung Raya.

Acara tersebut dibuka oleh Pj Bupati Murung Raya, Hermon, yang diwakili oleh Asisten III Setda, Bidang Administrasi Umum, Batara, di Aula Cahai Ondhui Tingang pada Kamis (25/4/2024).

Batara menekankan pentingnya kegiatan PBD dan Survei Lingkungan Belajar ini sebagai langkah strategis dalam meningkatkan kualitas lingkungan belajar dan pelayanan pendidikan secara menyeluruh. Program ini merupakan bagian dari inisiatif Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk mengevaluasi dan memperbaiki praktik pendidikan di Indonesia.

“Dalam pelatihan ini, para peserta akan diberikan pembekalan mengenai visi, perencanaan, dan pendekatan pembelajaran yang efektif untuk anak usia dini, serta pengembangan kurikulum dan asesmen yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran,” kata Ferdinand Wijaya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Murung Raya.

Ferdinand Wijaya juga menjelaskan dasar hukum pelaksanaan kegiatan ini, yang didasarkan pada Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, peraturan Pemerintah tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan, dan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi nomor 17 Tahun 2021 Tentang Asesmen Nasional.

Pelatihan ini berlangsung selama tiga hari, dari 25 hingga 27 April 2024, diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam upaya meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan di Kabupaten Murung Raya, serta membantu mencapai visi pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.(M.Ilmi).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini