Kebumen, MPP – Lebaran Idul Fitri identik dengan kegiatan silaturahmi. Di Indonesia, tradisi silaturahmi dilakukan dengan saling mengunjungi antar teman, keluarga, kerabat, guru, ataupun saudara seraya saling bermaafan ataupun saling mendoakan.

Silaturahmi dapat diartikan sebagai merangkai hubungan yang didasari kasih sayang. Idul Fitri hakikatnya bermakna kembali ke fitrah atau keadaan manusia yang bersih dan suci.

Seperti yang dilakukan Kapolres Kebumen AKBP Recky bersama pejabat utama Polres Kebumen bersilaturahmi ke Ponpes Al Kahfi Somalangu Kebumen, Selasa 16 April 2024.

Kedatangan rombongan disambut hangat pengasuh ponpes KH Afifuddin Chanif beserta santri.

Dijelaskan Kapolres Kebumen melalui Kasihumas Polres AKP Heru Sanyoto, silaturahmi yang dilakukan Polres Kebumen untuk mengeratkan hubungan satu sama lain.

“Kebetulan masih dalam situasi Idul Fitri, kita bersilaturahmi ke Ponpes Al Kahfi Somalangu Kebumen. Tujuannya menjalin kedekatan antara Polres Kebumen dengan Ponpes juga termasuk dengan para santri,” jelas AKP Heru Sanyoto.

Selanjutnya menurut AKP Heru, situasi Kamtibmas yang kondusif selama rangkaian ramadhan dan Idul Fitri tidak otomatis datang sendiri. Namun juga ada peran masyarakat, termasuk Ponpes dalam menjaga kondusifitas di wilayah masing-masing.

Selama Ramadhan hingga Idul Fitri, di Kabupaten Kebumen tidak ditemukan kasus ledakan mercon seperti tahun sebelumnya. Ini menjadi hal yang positif karena juga didukung masyarakat.

Pada kegiatan silaturahmi itu pula, lanjut AKP Heru, Polres Kebumen meminta doa serta dukungan ulama dan umaro agar ikut menjaga kondusifitas pada gelaran pemilu waktu dekat.

“Kita memiliki ulama dan umaro di Kebumen. Kami memohon juga untuk mendoakan Polres Kebumen agar dalam melaksanakan tugas selalu diberikan kesehatan, kekuatan sehingga bisa maksimal dalam melayani masyarakat,” pungkasnya.

(Humas Polres Kebumen) AD1

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini