Kebumen, MPP – Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi bersama dengan PJU Polda Jateng serta Kapolres jajaran eks wilayah Kedu melakukan kegiatan safari Kamtibmas di wilayah Kabupaten Kebumen.

Saat transit di Pendopo Kabumian Kebumen, rombongan disambut Bupati Kebumen Arif Sugiyanto, Forkopimda Kabupaten Kebumen, serta ribuan warga masyarakat yang tengah halal bihalal di pendopo, Minggu 14 April 2024.

Irjen Pol Ahmad Luthfi mengungkapkan, safari Kamtibmas dilakukan sebagai cek-ricek, ataupun final cek untuk wilayah Kabupaten Kebumen dan sekitarnya karena masih dalam status pengaman rangkaian libur Lebaran.

Juga, kedatangan Polda Jateng di tengah acara halal bihalal merupakan bentuk representasi Negara hadir di Kebumen.

“Secara umum arus lalu-lintas di wilayah Kebumen sangat kondusif sekali. Untuk wilayah Jawa Tengah hari ini puncaknya arus balik,” jelas Irjen Pol Ahmad Luthfi saat jumpa pers.

Pada puncak balik, rekayasa arus lalu-lintas one way dari Tol Kalikangkung hingga nol Kilometer Jakarta, diperpanjang one way lokal dari Tol Bawen hingga Solo. Hal ini menyusul kepadatan arus terus meningkat.

Kepada masyarakat yang akan melakukan balik, bisa menggunakan rest area yang telah disiapkan untuk beristirahat. Selanjutnya, warga yang melakukan balik untuk menggunakan kecepatan kendaraan yang semestinya.

“Kerja di Jakarta telah menunggu. Keselamatan adalah nomor satu,” imbuh Kapolda.

Halal bihalal:
Kapolda Jateng mengapresiasi langkah Pemkab Kebumen yang telah menggelar halal bihalal di Pendopo Kabumian Kebumen, yang diikuti ribuan masyarakat dari berbagai lapisan masyarakat.

Menurutnya, halal bihalal yang diselenggarakan di Kebumen seharusnya juga diselenggarakan di kabupaten lainnya.

“Halal bihalal yang diselenggarakan di Kebumen memancarkan kedamaian. Sehingga jika juga dilakukan di kabupaten lain, maka Jawa Tengah gemah ripah loh jinawi,” ungkap Kapolda Jateng.

Bupati Kebumen Arif Sugiyanto menyambut baik kedatangan Polda Jateng di Kebumen. Ia mengapresiasi kinerja kepolisian sehingga untuk tahun ini di Kebumen arus lalu-lintas berjalan lancar serta tidak ditemukan korban jiwa akibat petasan.

“Setiap tahun ada acident karena petasan. Tahun ini sampai seterusnya semoga tidak ada korban akibat petasan,” ujar Bupati.

Setelah menyambangi halal bihalal di Pendopo Kabumian, Kapolda Jateng beserta rombongan melakukan pantauan di Pos Pam Terpadu Alun-alun Kebumen.

Sejumlah Pos Pengamanan ataupun Pos Pelayanan dilakukan pengecekan Kapolda melalui Daring.

Kapolda juga menyerahkan sejumlah bingkisan kepada para petugas pengamanan di Pos Pam.

(Humas Polres Kebumen) AD1

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini